Survei Litbang Kompas, Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Pemkab Mojokerto Tinggi di 4 Bidang

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA JatimLitbang Kompas merilis hasil survei terkait kepuasan terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto Hasilnya, kepuasan publik terhadap Pemkab Mojokerto di bawah kepemimpinan Bupati Ikfina Fahmawati cukup tinggi.

Edukasi Generasi Muda, JNE Ikuti LogistiChamp Kampus UISI Gresik

Survei ini diselenggarakan pada 1-7 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka. Survei dilakukan 216 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan otomatis. Tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error kurang lebih 6,93 persen

Litbang Kompas mensurvei empat bidang utama. Yakni, politik dan keamanan, perekonomian, kesejahteraan sosial, penegakan hukum.

Via Lion Parcel, Kirim Barang Antar Kota se-Jawa Kena Ongkir Cuma Rp 6 Ribu

Hasilnya, survei tingkat kepuasan di bidang politik dan keamanan mencapai 78,2 persen, penegakan hukum 77,8 persen, perekonomian 80,1 persen dan kesejahteraan sosial 82,4 persen.

Tingkat kepuasan dalam bidang kesejahteraan sosial menjadi sektor yang paling tinggi mendapat penilaian positif. Jika dilihat secara lebih detail pada setiap subindikatornya, rata-rata kepuasan tak kurang dari 71,3 persen dalam bidang tersebut.

BCA Go Export 2024, Dorong UMKM di Surabaya Masuk Pasar Global

Penilaian positif terhadap bidang kesejahteraan itu ditopang oleh tingginya dalam variabel kesehatan dan pendidikan.

Tingkat kepuasan publik dalam hal pelayanan kesehatan mencapai lebih dari 85 persen. Sedangkan 8 dari 10 responden menyatakan puas terhadap peningkatan kualitas pendidikan.

Kendati begitu, hasil survei Litbang Kompas membeberkan, pada bidang kesejahteraan sosial, tingkat apresiasi publik terkait persoalan kemiskinan dan bantuan langsung masih dinilai kurang memuaskan.

Sebab, seperempat dari responden beralasan masih ada persoalan aliran bantuan sosial (bansos) di tengah masyarakat. Seperti bantuan sosial tak mudah diselesaikan dalam konteks tata kelola.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Pemkab Mojokerto perlu melakukan perbaikan. Mulai dari data penerima, mekanisme penyaluran dan mempermudah akses bansos.

Pada bidang perkonomian, 80,1 persen responden puas dengan kinerja Pemkab Mojokerto. Di bidang ini ada beberapa subindikator. Yaitu, pemerataan pembangunan infrastruktur, pengembangan pariwisata, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), koperasi, pengendalian harga. Kemudian, pengembangan pertanian dan peternakan, serta penyediaan lapangan pekerjaan.

Kepuasan paling menonjol dalam sektor pemerataan pembangunan infrastruktur. Kemudian disusul pengembangan pariwisata, UMKM, serta koperasi.

Pada bidang politik dan keamanan, Mayoritas responden atau sekitar tiga per empat bagian responden memberikan penilaian positif. Terjadi Kepuasan menonjol pada indikator jaminan atas kebebasan berpendapat, menghargai perbedaan, jaminan keamanan yang dirasakan warga dalam keseharian.

Sementara itu, tingkat kepuasan pada bidang penegakan hukum mencapai 77,8 persen. Tiga per empat bagian dari responden menilai jika penegakan peraturan daerah cukup optimal berjalan.

Pemkab Mojokerto memiliki sejumlah program unggulan dibawah kepemimpinan Bupati Ikfina Fahmawati. Yakni, berupa peningkatan pelayanan dan fasilitas kesehatan, penyediaan pendidikan yang berkualitas, pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan UMKM.

Kinerja pelayanan kesehatan mendapat tingkat kepuasan publik paling tinggi, yaitu 83,8 persen. Kemudian dibawahnya disusul menyedikan fasilitas pendidikan yang lebih modern dan berbasis digital mencapai 82,4 persen.

Selanjutnya, tidak kurang 72 persen responden menyatakan puas terhadap program pengembangan UMKM. Karena pengembangan UMKM ini didukung berbagai aplikasi daring, seperti Tumbas/Tumbas Express.

Tingkat kepuasan publik di sektor pembangunan infrastruktur tembus 76,9 persen. Sedangkan tingkat ketidakpuasannya hanya 9,7 persen.