KPU Jatim Pastikan Masyarakat Mudah Akses Siaran Debat Pilkada 2024

Komisioner KPU Jatim Nur Salam
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabya, VIVA JatimKPU Jawa Timur memastikan pelaksanaan debat Pilkada 2024 dapat dengan mudah dinikmati pemilih dengan menyaksikannya di siaran-siaran televisi dan radio. Kemudahan akses ini juga akan terjadi di debat kandidat Pilkada 2024 yang dilaksanakan oleh KPU kabupaten/kota. 

Baliho Cabup Cawabup Tuban Riyadi-Gus Wafi Dirusak Orang Tak Dikenal, Tim Lapor Bawaslu

Komisioner KPU Jatim Nur Salam mengatakan, pihaknya akan berkirim surat kepada KPU kabupaten/kota agar dapat menyiarkan pelaksanaan debat kandidat. Tentunya dengan melihat letak geografis masing-masing daerah, siaran debat dapat dipilih sesuai kebiasaan chanel televisi dan radio yang sering ditonton masyarakat.

"Tentu kami juga akan menyampaikan kepada kabupaten/kota. Intinya harus disiarkan dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dengan kondisi geografis masing-masing," katanya.

Debat Perdana Pilgub Jatim Digelar 18 Oktober, Tema Pendidikan hingga Kedaulatan Pangan

Radio ini juga wajib disiarkan, ini kaitannya hak publik yang memiliki keterbatasan. Keterlibatan radio dibutuhkan masyarakat yang punya keterbatasan seperti kawan-kawan difabel yang butuh hak informasi itu.

Nur Salam mengatakan, kesiapan dalam pelaksanaan debat sudah diproses, terkhusus kaitannya dengan tema. Ia mengatakan, ada enam poin tema yang sudah dirumuskan oleh tim panelis. 

Disambati Masalah Ketersediaan Air Bersih, Risma Tawarkan Program Teknologi Penyulingan RO

"Itu akan dirumuskan secara detail oleh tim perumus yang akan kita ambil dari banyak kalangan akademisi," lanjutnya.

"Sekarang masih dalam proses kami di KPU Provinsi Jatim menyusun panelis, sejumlah 7 orang dengan bidang keahlian masing-masing selain 6 tadi," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title