Bupati Sumenep Optimis Reaktivasi Kereta Madura akan Segera Terwujud

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Upaya untuk menghidupkan lagi moda transportasi kereta api di Madura terus diperjuangkan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. Kini, proses reaktivasi itu telah menemui titik terang dan akan segera terrealisasi.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Titik terang itu terlihat dari adanya respons positif pemerintah pusat yang mendukung inisiasi masyarakat Madura yang disuarakan Bupati Fauzi. Bahwa jalur kereta di Pulau Garam memang harus kembali dioperasikan. 

“Alhamdulillah, setelah melakukan serangkaian komunikasi dan menyurati Presiden Joko Widodo, perjuangan kita, perjuangan masyarakat Madura, yang menginginkan kereta api hidup lagi sudah satu langkah maju,” kata Bupati Fauzi dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Kamis, 16 Februari 2023. 

Titik Balik Edukasi Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta di Tulungagung

Belum lama ini, Fauzi mengungkapkan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengirimkan surat kepada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sumenep. Dalam suratnya, PT KAI mengarah kepada inventarisasi aset, termasuk pembayaran Surat Pemberitahuan Pajak Tertuang (SPPT) yang biasa dilakukan setiap tahun. 

Fauzi menilai, permintaan tersebut sekaligus menjawab harapan masyarakat Madura yang menginginkan moda transportasi kereta dihidupkan lagi. “Tentu kami segera menyiapkan data-data aset kereta. Ini (surat PT KAI) sekaligus menjawab doa kita semua masyarakat Madura,” ungkap Fauzi. 

Hari Kedua Arus Balik, 19.666 Orang Berangkat dari Surabaya Gunakan Kereta Api

Selain itu, Fauzi juga menilai dialognya dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah terkait reaktivasi kereta di Pulau Madura juga mendapat respons positif. Dialog tersebut dilakukan langsung oleh Fauzi ketika Sri Mulyani dan Said Abdullah melakukan kunjungan kerja ke Sumenep, beberapa waktu lalu. 

Seperti diketahui, usaha Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang menginginkan reaktivasi jalur kereta, merespons keinginan masyarakat, menuai banyak dukungan. Selain kalangan pengusaha, usulan tersebut juga direspon positif oleh politisi dari daerah pemilihan Madura dan juga tokoh agama.