Ganjar Milenial Center di Mojokerto Sambangi Situs Sejarah Trowulan

Puluhan milenial dan GMC ziarahi situs sejarah
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – Sebagai bentuk kegiatan melestarikan peninggalan sejarah, Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) melakukan kegiatan Road To Trowulan.

Tradisi Nyekar Jelang Ramadan, Makam di Surabaya Penuh Peziarah

Koordinator Wilayah Ganjar Milenial Center Jawa Timur, Mahmud mengatakan kegiatan positif tersebut mereka lakukan dengan mengunjungi beberapa situs sejarah seperti Candi Wringin Lawang dan Candi Bajang Ratu di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jatim.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anak muda Mojokerto. Mereka tidak hanya mengunjungi candi, akan tetapi mereka menggali sejarah dari situs tersebut. 

Pandangan Islam soal Tradisi Tabur Bunga saat Ziarah ke Makam Leluhur

"Kegiatan itu diikuti oleh puluhan milenial Mojokerto. Kami juga melakukan ziarah di Makam Troloyo dimana terdapat makam dari Syech Djumadil Kubro yang merupakan tokoh penyebar agama pada masa Majapahit," katanya dalam siaran persnya, Kamis 6 April 2023.

Dia mengatakan dengan mengunjungi candi dan makam tokoh sejarah, kegiatan ini bertujuan untuk terus menjaga dan merawat spirit-spirit perjuangan dari para pendahulu.

Hari Tenang Jelang Coblosan, Cak Imin Ziarahi Makam Kiai Wahab

"Sekaligus melestarikan nilai-nilai serta cerita mereka agar terus lestari," kata dia. 

Kegiatan yang merangkul berbagai elemen milenial mulai dari aktivis sejarah, mahasiswa dan pemuda desa ini ramai dengan antusias dari peserta yang aktif menanyakan mengenai sejarah dan budaya yang ada di lokasi tersebut kepada tokoh sejarawan yang menjadi narasumber.

Halaman Selanjutnya
img_title