Tradisi Nyekar Jelang Ramadan, Makam di Surabaya Penuh Peziarah

Peziarah memenuhi TPU Ngagelrejo, Surabaya.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA JatimZiarah ke makam keluarga alias nyekar menjadi tradisi bagi masyarakat di tanah air, apalagi ketika menjelang bulan suci Ramadan. Di Surabaya, sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) terlihat ramai dipenuhi peziarah.

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

Salah satunya di TPU Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. TPU ini nampak dipadati para peziarah sejak Minggu, 10 Maret 2024 pagi tadi.

Halaman TPU juga disesaki berbagai macam kendaraan, mulai roda empat hingga roda dua. Deretan kendaraan itu terparkir di sela lapak penjual bunga tabur yang berjajar di sekitar pintu makam.

Menjaga Tradisi Lebaran, Anies Baswedan Silaturahmi ke Cak Imin

Tak hanya pengunjung, area makam juga terlihat hilir mudik tukang sapu yang menawarkan jasa bersih-bersih kuburan hingga para pengemis.

Ricky, seorang peziarah asal Keputran, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya mengatakan, dirinya dan keluarga sengaja berziarah ke makam leluhurnya yang berada di TPU Ngagelrejo untuk menyambut kedatangan Bulan Ramadan 1445 Hijriyah.

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

"Mau ziarah sih. Ini sama keluarga dari Keputran. Karena ini sudah adat ya, sudah jadi tradisi jelang Ramadan," ucapnya kepada Viva Jatim.

Di dalam makam, ia mengaku akan memanjatkan doa supaya leluhurnya mendapat ampunan dari Yang Maha Kuasa. Selain itu dirinya juga berharap mendapat kekuatan iman, kesehatan, lahir maupun batin selama menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan.

Halaman Selanjutnya
img_title