Mengenal 8 Tradisi Unik di Indonesia dalam Menyambut Ramadan

Ilustrasi Ramadan atau berdoa
Sumber :
  • Viva.com

Surabaya, VIVA Jatim – Berbagai daerah di Indonesia ternyata mempunyai berbagai tradisi unik dalam menyambut datangnya bulan suci ramadan. Tradisi yang beragam itu memiliki tujuan yang sama, yakni sebagai ungkapan kebahagiaan atas datanya bulan yang penuh berkah itu. 

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

Beberapa hari lagi, umat Islam di Indonesia akan menunaikan ibadah puasa Ramadan 1445 Hijriah. Berbagai tradisi itu pun pasti akan dijalankan dengan penuh suka cita. Lantas seperti apa tradisi unik itu? Berikut ini ulasannya, dikutip dari VIVA, Kamis, 7 Maret 2024.

1. Nyorog (Jakarta)

Menjaga Tradisi Lebaran, Anies Baswedan Silaturahmi ke Cak Imin

Nyorog atau memberikan bingkisan makanan kepada keluarga yang lebih tua, merupakan tradisi suku betawi. Tradisi menyambut bulan suci Ramadhan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan menjalin silaturahmi guna mempererat tali persaudaraan.

2. Cucuruk (Jawa Barat)

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

Tradisi ini biasanya diisi dengan berkumpul dan makan bersama keluarga, beralas daun pisang dengan duduk lesehan. Menu yang disajikan mulai dari ikan asin, nasi liwet, serta sambal dan daun lalapan. Menurut kepercayaan sunda, hal ini menjadi momen silaturahmi dan ajakan untuk saling bersyukur atas segala rezeki yang diberikan oleh Tuhan.

3 Padusan (Yogyakarta)

Halaman Selanjutnya
img_title