Cak Anam di Mata Ketua Gerindra Jatim: Teguh dalam Prinsip, Apapun Risikonya

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad turut berbela sungkawa atas meninggalnya seorang aktivis senior di NU, Choirul Anam alias Cak Anam. Ia mengaku merasa sangat kehilangan sosok yang teguh dalam memegang prinsip apapun risikonya.

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Keteguhannya dalam memegang prinsip itulah hingga membuat Cak Anam banyak memberikan pelajaran penting bagi Sadad. Cak Anam juga dikenal sebagai tokoh yang banyak melahirkan kader. Kini pun kader-kadernya berserakan di berbagai lembaga politik hingga organisasi kemasyarakatan.

"Cak Anam selalu mengajarkan keteguhan di dalam memegang prinsip. Apapun risikonya. Saya merasa beruntung sempat berinteraksi dengan beliau di masa-masa awal meniti karir di dunia politik. Saya menjadi tahu betapa politik adalah alat yang paling efektif untuk perjuangan," ungkapnya saat dikonfirmasi Viva Jatim, Senin, 9 Oktober 2023.

Usai PDIP, Eri Cahyadi akan Daftar Bacawali ke Partai Lain

Sadad lantas menceritakan tentang Cak Anam yang selalu memberikan pesan-pesan penting dalam melakoni hidup. Bahwa siapapun yang saat ini sudah berada pada posisi karir yang baik, entah itu politik maupun organisasi, jangan sampai melupakan kader-kadernya yang tengah berproses di bawah.

"Kita harus menjadi fasilitator, mensupport mendukung seluruh proses yang tengah mereka jalani. Sehingga mereka matang menjadi seorang kader sehingga bisa melanjutkan cita-cita perjuangan," ujarnya menceritakan.

Giliran PDIP dan PKB Disambangi Ketua Gerindra, Bentuk Koalisi Besar di Pilkada Gresik 2024

Sadad menambahkan, terakhir kali menjalin komunikasi dengan Cak Anam saat tengah menyiapkan ujian terbuka doktor di UIN Sunan Ampel Surabaya. Ia sengaja mengundang Cak Anam untuk hadir di momen bersejarah dalam hidup Sadad.

"Tapi Cak Anam menulis pesan mohon maaf tidak bisa hadir meskipun ingin sebenarnya hadir bertemu dengan kolega-koleganya di UIN Sunan Ampel Surabaya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title