Pertama di Surabaya, Operasi Tanam VNS Chip Kontrol Kejang Pasien Epilepsi

Dokter bedah saat operasi penanaman alat VNS kepada pasien epilepsi
Sumber :
  • Viva Jatim/Mochamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim - National Hospital melakukan operasi penanaman Vagus Nerve Stimulation (VNS) kepada pasien penderita epilepsi, pada Minggu 5 November 2023. Tindakan ini merupakan pertama kali di Surabaya.

Kasus Demam Berdarah di Surabaya Meningkat, National Hospital Rawat 75 Pasien

Dokter Heri Subianto SpBS(K) mengatakan, VNS merupakan perangkat menyerupai chip berfungsi mengirimkan gelombang energi listrik ringan dan teratur ke batang otak melalui saraf vagus.

Teknologi ini dipakai untuk menangani pasien penderita epilepsi yang tidak terkontrol dengan obat dengan masa pemakaian hingga delapan tahun.

Tips Diet Sehat dan Seimbang Menurut Dokter Gizi di Surabaya

"Pasien-pasien kejang (epilepsi) yang obatnya sudah lebih dari dua macam obat, dia masih tetap kejang. Kemudian di MRI DEG sumber kejangnya banyak, nggak mungkin dioperasi, diambil otaknya nggak mungkin. Sementara obatnya makin banyak," kata dr Heri. 

Pasien yang dipasangi alat VNS untuk pertama kalinya ini dikatakan dr Heri, ialah penderita epilepsi yang bergantung pada lima macam jenis obat namun masih kejang-kejang.

Mahasiswi Unesa Surabaya Asal Sumenep Tewas Terjatuh dari Lantai 3

Alat VNS dipasang ke dalam tubuh pasien melalui tindakan bedah atau operasi, secara minimal invasive sehingga meminimalisir terjadinya resiko atau komplikasi setelah operasi.

Tindakan operasi ini diawali dengan memasang sebuah baterai atau generator VNS dengan ukuran 50x47x6.8 milimeter berwarna gelap, dipasang di bawah kulit dada dan dihubungkan melalui serat kabel mikro menuju sel saraf vagus di area sekitar leher.

Halaman Selanjutnya
img_title