Kesehatan dan Kesejahteraan Jadi Atensi KIP Prabowo agar Menang di Pamekasan

Deklarasi KIP Prabowo-Gibran di Pamekasan
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Pamekasan, VIVA JatimKesehatan dan Kesejahteraan adalah kunci menuju kehidupan yang berkualitas sebagai fondasi Indonesia Emas 2045. Hal ini disampaikan oleh Fandi Utomo (FU), penasehat Komite Independen Pemenagan (KIP) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Fandi mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyebutkan angka stunting di Pamekasan tertinggi nomor dua di Jawa timur di tahun 2019 dengan persentase 27,67%, dan di tahun 2023 penderita stunting berhasil turun dengan cepat menjadi 8%. Meskipun turun cukup signifikan, namun angka tersebut masih tinggi.

"Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama," ujarnya saat memberi pengarahan dalam deklarasi KIP Prabowo-Gibran Pamekasan, Jumat malam, 24 November 2023.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Menurutnya, salah satu faktor tingginya penderita stunting karena sistem nilai kebudayaan yang masih melekat pada masyarakat Madura menjadikan perkawinan anak sebagai suatu hal yang lumrah dilakukan, dan juga hal ini terkait dengan kepatuhan anak pada orang tuanya. Anak perempuan yang sudah menstruasi (dianggap cukup umur) dapat dikatakan siap untuk menikah, untuk terhindar dari hal-hal butuk yang bertentangan dengan moral agama.

Faktor ketidaksiapan biologis anak perempuan untuk mengandung inilah yang menjadi salah satu indikasi tingginya angka stunting di Madura dan akan berdampak pada tumbuh kembang anak-anak (kurangnya tinggi badan) dan stunting pada akhirnya mempengaruhi kesehatan saat anak tersebut dewasa yang berisiko menderita penyakit kronis, mengalami tekanan darah tinggi, disfungsi ginjal, dan metabolisme glukosa yang berubah dan penyakit disfungsi lainnya. 

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Selain itu, lanjutnya, penyebab stunting adalah budaya. Hal ini karena masyarakat kurang bisa memahami dengan baik akibat pengetahuan yang minim mengenai kehamilan dan pola asuh anak yang benar, ditambah lagi dengan permasalahan usia yang terlalu muda ketika menikah, yang masih belum siap secara fisik dan juga psikologisnya.

Oleh karenanya program kerja Prabowo-Gibran menyatakan kesehatan adalah salah satu bagian penting dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Jumlah tenaga kesehatan (nakes) per populasi dan tempat tidur rumah sakit (RS) per populasi yang masih di bawah standar World Health Organization (WHO) harus segera dibenahi.

Halaman Selanjutnya
img_title