Pelaku Canda Bom Pesawat Pelita Air di Surabaya Diserahkan ke Kemenhub

Danlanudal Juanda Kolonel Laut P Heru Prasetyo memimpin konferensi pers di Sidoarjo.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Jatim –Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda (Lanudal Juanda) menyerahkan pelaku candaan bom di Pesawat Pelita Air kepada Otorita Bandara Wilayah III (Otban Wiyah III) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menjalani proses hukum.

Rumah Ketua KPPS di Pamekasan Dibom OTK, Ini Kata Kapolda Jatim

Pelaku bernama Surya Hadi Wijaya, Warga Depok, dengan pekerjaan swasta.

"Terduga pelaku saat ini dilimpahkan dan diserahkan kepada Otban Wiyah III Surabaya," Komandan Lanudal Juanda, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Kamis 7 Desember 2023.

Gus Ipul Sindir Kepala Daerah, Sebut Pedot Hingga Ajak Sikapi Santai Hasil Pilpres

Heru menyampaikan, pelaku diserahkan ke Kementerian Perhubungan usai menjalani proses pemeriksaan secara intensif di Lanudal Juanda.

Dan setelah insiden ini, dia berharap tidak ada lagi pihak yang main-main atau bercanda dengan menyebarkan informasi palsu tentang teror. Menurutnya, bandara adalah salah satu objek vital nasional yang sangat penting, dan bagi siapa pun yang melanggar, dia mengatakan bahwa mereka akan diberikan sanksi yang tegas.

Beri Gelar Jokowi Alumni Paling Memalukan, Ketua BEM UGM Mendapat Teror

"Terduga pelaku melanggar pasal 344 huruf e undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan setiap orang dilarang melakukan Tindakan melawan hukum yang membahayakan keselamatan penerbangan dan angkutan udara berupa menyampaikan informasi palsu yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan” dan pasal 437 undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan, setiap orang menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan dapat dipinana dengan penjara paling lama 1 (satu) tahun," tegasnya.

Seperti diketahui, ratusan penumpang pesawat Pelita Air nomor penerbangan IP 205 rute Surabaya - Jakarta gagal terbang karena candaan soal bom. Candaan tentang ancaman bom itu dilontarkan salah seorang penumpang bernama Surya Hadi Wijaya, Rabu 7 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title