KTT G20 dan Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Para Pemimpin

Nasihat Imam Ghazali untuk Para Pemimpin
Sumber :

Jatim – Tak lama lagi, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan dilaksanakan di Bali, Indonesia, pada 15-16 November 2022 mendatang. Forum yang melibatkan para pemimpin negara dengan perekonomian besar di dunia itu akan merumuskan beberapa solusi penanganan krisis global. Sehingga pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif dapat diwujudkan di tengah dinamika yang semakin kompleks.

Pemimpin Amanah kian Sedikit, Gus Sadad: Kita Pilih yang Langka Itu

Hal yang tak kalah menarik dari gelaran Presidensi G20 Indonesia 2022 ini adalah tema yang diusung, yakni ‘Recover Together, Recover Stronger’. Tema tersebut tentu merepresentasikan niat baik Indonesia untuk mengajak seluruh dunia saling mendukung upaya pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan pasca pandemi Covid-19. Oleh sebab itu KTT G20 melibatkan para pemimpin dari berbagai negara digdaya di dunia.

Kemajuan suatu negara, termasuk Indonesia. tidak bisa dilepaskan dari peran pemimpinnya. Sebesar apapun potensi yang dimiliki suatu negara, baik berupa sumber daya manusia maupun alam, bila tidak dikelola dengan baik oleh pemimpinnya tentu tidak akan memberikan kemajuan yang signifikan. Sebab peran pemimpin sangat vital dalam segala hal yang berkaitan dengan entitas negara.

Ketua Kadin Surabaya Ali Affandi Sebut Setiap Pemimpin adalah Pencerita, Ini Maksudnya

Untuk itu, Imam Abu Hamid bin Muhammad Al-Ghazali, atau yang dikenal dengan Imam Al-Ghazali menuliskan beberapa nasihat untuk para pemimpin, agar dapat menjalankan amanah dengan baik. Nasihat tersebut ditulis dalam Kitab al-Tibr al-Masbuk fi Nashihat al-Muluk, yang kemudian ditashih oleh Ahmad Syamsudin.

Seorang tokoh filsuf dan teolog muslim dari Persia itu mengemukakan pandangan, setidaknya ada tiga sifat dan prilaku yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin. Pertama, menjunjung tinggi moralitas atau bermoral tinggi, kedua berakhlak mulia dan ketiga tidak berbuat dzalim kepada rakyatnya.

Menag Kembali Ingatkan Jangan Pilih Pemimpin yang Manfaatkan Agama, Sindir Anies?

Bila tiga sikap ini dipegang teguh dalam menjalankan amanah sebagai pemimpin, menurut Imam Ghazali tatanan, seorang pemimpin akan selalu dikenang sepanjang masa.

Menjunjung tinggi moralitas merupakan keniscayaan bagi setiap tokoh atau figur publik. Termasuk para pemimpin yang setiap perilakunya pasti dicontoh oleh para rakyatnya. Imam Ghazali mengatakan, bahwa bilamana perilaku pemimpin baik, maka rakyat pun akan baik. Sebaliknya, bila pemimpin bersikap sewenang-wenang atas kekuasaan yang dimiliki, tentu akan berdampak buruk kepada rakyat yang ia pimpin.

Halaman Selanjutnya
img_title