Konser Gaspoll Prabowo-Gibran Ngotot Lanjut, Bawaslu Surabaya Siapkan Sanksi

Bawaslu Surabaya saat hentikan Konser Gaspoll Prabowo-Gibran
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya tengah mengumpulkan bukti-bukti unsur pelanggaran kampanye di acara Konser Gaspoll Satu Putaran Prabowo-Gibran yang berlangsung di Jatim Expo Surabaya pada Sabtu 3 Februari 2024 malam.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Novli Bernado Thyssen mengatakan, pihaknya sudah sempat menghentikan konser itu. Namun, pentolan Band Dewa 19 Ahmad Dhani tetap nekat melanjutkan konser.

Konser yang diduga bermuatan kampanye itu diminta dihentikan oleh Bawaslu lantaran digelar di luar jadwal rapat umum yang telah ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Peringati Hari Konsumen, PT DLU Bagi-bagi Souvenir ke Penumpang KM Dharma Kartika 2

Novli menuturkan, pihaknya sudah berusaha menyetop konser itu. Namun, situasi jadi tak kondusif. Panitia akhirnya melanjutkan jalannya acara dan tak menghiraukan imbauan Bawaslu.

“Kami sudah imbau, tapi ketika konser terus diteruskan ya silakan, tetapi kami akan proses,” kata Novli.

Cak Imin Upload Foto dengan Dasco Gerindra, Ada Apa?

Menurut Novli, tindakan Ahmad Dhani dan panitia penyelenggara acara diduga sudah melanggar UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Konsekuensinya, sanksi pidana pun mengancamnya.

"Pasal 492 UU 7 Tahun 2017, setiap orang yang dengan sengaja melakukan pemilu di luar jadwal yang telah ditetapkan KPU untuk setiap peserta pemilu sebagaimana dimaksud dalam pasal 276 ayat 2 dipidana dengan Pidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp12 juta,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title