Heboh AMDK Mengandung Bromat, Bisa Sebabkan Kanker hingga Masalah Reproduksi

Ilustrasi air minum dalam kemasan (AMDK)
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –  Keberadaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) saat ini menjadi sangat penting. Mengingat, hampir segala kebutuhan manusia yang berkaitan dengan konsumsi air, diselesaikan dengan hadirnya AMDK. Mulai dari pelengkap hidangan tamu, hajatan, dan lain sebagainya. 

Apa Itu Egg Banking? Metode Amankan Reproduksi Perempuan untuk Masa Depan

Namun demikian, baru-baru ini heboh di media sosial adanya AMDK yang mengandung Bromat. Bromat adalah zat karsinogenik yang berdampak buruk bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

"Dugaannya kan ke kanker, (berdampak) ke alat-alat reproduksi dan juga pada gangguan lain pada sistem saraf ya," kata Ahli Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) Ahmad Zainal di Jakarta, belum lama ini.

Spesialis Ungkap Tanda-tanda Kanker Darah pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Dikutip dari VIVA, Jumat, 23 Februari 2024, Bromat berasal dari Bromida. Senyawa alami Bromida merupakan zat yang memang ada dalam sumber tanah air mineral. Bromida berubah menjadi bromat setelah terkena proses ozonisasi.

Senyawa bromida yang berubah menjadi bromat bersifat karsinogenik atau beracun dan berpotensi dapat menyebabkan kanker, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Ketahui! Tanpa Disadari 5 Hal Ini Ternyata Tanda Awal Penyakit Kanker

Zainal mengatakan, saat ini kandungan dan bahaya Bromat masih belum menjadi perhatian serius di Indonesia. Padahal, air mineral merupakan kebutuhan primer yang hampir dikonsumsi setiap saat.

Dia melanjutkan, hingga saat ini juga belum ada penelitian mendalam terkait Bromat. Dia mengatakan, fokus pemerintah saat ini masih kepada kandungan mikroplastik, Etilen Glikol (EG) dan Bisphenol A (BPA).

Halaman Selanjutnya
img_title