Hari Ini Surabaya bakal Diserbu Iring-iringan Truk, Demo Ratusan Sopir soal Tarif Angkutan

Ilustrasi demonstrasi sopir truk.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kota Surabaya dikabarkan akan didatangi rombongan truk dari sejumlah daerah di Jawa Timur pada Senin, 26 Agustus 2024. Aksi tersebut berkaitan dengan demonstrasi para sopir truk terkait tariff angkutan logistik dan kebijakan lainnya soal angkutan barang.

Dua Hari Terakhir Surabaya Mendung, Begini Keterangan BMKG

Para sopir truk yang akan berdemo tergabung ke dalam Gerakan Sopir Jawa Timur (GSIT). Koordinator aksi Angga Firdiansyah mengatakan, aksi unjuk rasa akan digelar di sejumlah titik di Kota Pahlawan.

"Sudah dimulai [unjuk rasanya], kami bergerak berkumpul ke Puspa Argo [Sidoarjo] dulu. Nanti ke Kantor Gubernur [Jawa Timur] lalu ke Grahadi [Surabaya]," katanya dihubungi VIVA Jatim melalui sambungan telepon genggam.

Garap Potensi Surabaya, Bank INA Buka Cabang Kedua di Jalan Bukit Darmo

Ia menyebut, ada sekitar 500-an orang yang terlibat dalam unjuk rasa. Mereka datang dari berbagai kabupaten kota se-Jawa Timur yang merasa prihatin atas nasib para sopir truk.

Berdasar surat pemberitahuan unjuk rasa, aksi digelar untuk menyuarakan perlunya standarisasi tarif atau ongkos angkutan logistik dengan mendesak pemerintah memberikan subsidi.

Jauh-jauh dari Turki, Pria Asing Curi Perhiasan dan Uang Anak Kekasihnya di Surabaya

Kemudian meminta supaya ada jaminan muatan paska dilakukan normalisasi ongkos angkutan logistik. Selain itu, peserta unjuk rasa juga menuntut adanya kesetaraan hukum yang sama bagi sopir.

Dan terakhir, meminta agar pemerintah bersama aparat penegak hukum serius memberantas keberadaan mafia Sertifikat Registasi Uji Kendaraan (SRUT) dalam mencegah Over Dimension dan Over Load (ODOL) kendaraan.

Halaman Selanjutnya
img_title