Jokowi Kenang Almarhum Faisal Basri : Ekonom Kritis dan Detail Saat Koreksi Pemerintah

Presiden Jokowi dan Iriana
Sumber :
  • Mokhamad Dofir

Surabaya, Viva Jatim - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Ekonom Senior Universitas Indonesia, Faisal Basri. Ucapan duka disampaikan mantan Gubernur Jakarta tersebut dalam kunjungan kerja di Kabupaten Sidoarjo untuk meresmikan Flyover Juanda, Jumat, 6 September 2024.

Senangnya Suprapti Dapat Operasi Vitrektomi dari Pemprov Jatim

"Innalillahiwainnailihi rajiun, saya dan seluruh warga masyarakat Indonesia menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya wafatnya Bapak Faisal Basri," ucap Jokowi.

Jokowi mengenang sosok Almarhum Faisal Basri sebagai tokoh yang kritis dan detail menyampaikan data-data di lapangan ketika mengkoreksi kebijakan pemerintah.

Gus Ipul Sekjend PBNU bakal Dilantik Jokowi Jadi Mensos Hari Ini

"Beliau adalah ekonom yang kritis, detail dalam menyampaikan data-data lapangan dan bisa mengkoreksi kebijakan-kebijakan pemerintah yang kurang baik. Saya kira itu hal yang sangat bagus," lanjutnya.

Faisal Basri meninggal dunia sekitar pukul 03.50 WIB pada Kamis dini hari (5/9) di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta. Ia sempat dirawat di rumah sakit yang sama sejak awal pekan ini lantaran penyakit jantung.

Jokowi Kunker ke Surabaya dan Sidoarjo, Resmikan RS hingga Flyover Juanda

Faisal dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan, pada Kamis sore.

Faisal Basri merupakan sosok ekonom yang lantang mengkritik pemerintah. Ia acap kali mengingatkan pemerintahan Presiden Joko Widodo karena menganggapnya terlalu boros mengelola anggaran hingga menyebabkan utang membludak.

Halaman Selanjutnya
img_title