Banyak Korban Salah Tangkap Demo di Kantor Arema FC, Polisi Pulangkan 94 Orang

Demo di depan kantor Arema FC
Sumber :
  • Viva Malang

Jatim – Sebanyak 94 orang dinyatakan dipulangkan setelah dimintai keterangan pasca demo di Kantor Arema FC, pada Minggu 29 Januari 2023, kemarin. Sementara 13 orang lainnya masih dalam penyelidikan oleh Polresta Kota Malang.

Menang Lawan PSM Makassar, Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

"Dari 107 orang yang telah di mintai keterangan oleh penyidik. 94 orang telah di pulangkan karena dinyatakan tidak terkait peristiwa tersebut. Dan 13 orang lainnya penyidik masih melakukan serangkaian pemeriksaan untuk di lakukan pendalaman," kata Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto sebagaimana dikutip di lama Malang Viva pada 31 Januari 2023.

Kepala Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Pos Malang, Daniel Siagian mengatakan, dari sekian ratus orang yang diamankan polisi, sebagian besar tidak terlibat dalam demo ricuh di Kantor Arema FC.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi soal Penggelapan Motor

"Yang membuat kami kaget, ternyata ada salah satu sopir perusahaan rokok yang tidak terlibat sama sekali dalam aksi tersebut tapi ikut diamankan," kata Daniel. 

Polisi melangkukan penangkapan tersebut secara acak atau random. Maka banyak sekali korban yang salah tangkap. Dikatakan Daniel, polisi mengamankan orang-orang ini di kawasan Jalan Mayjen Panjaitan, SPBU Jalan Bandung, Stadion Gajayana, DPRD Kota Malang, Taman Makam Pahlawan Jalan Veteran, hingga Jalan Ijen. 

4 Tahun Cabuli Anak Tiri, Oknum Polisi di Surabaya Ditahan

"Menurut pengakuan, orang-orang yang diamankan adalah orang-orang berbaju hitam kemudian agak sedikit basah. Itupun penangkapan dilakukan secara random atau acak, jadi kami menduga ada indikasi korban salah tangkap," tutur Daniel.  

Daniel menuturkan bahwa dalam kasus ini polisi hanya mengidentifikasi berdasarkan baju hitam dan basah. Sebab, salah satu dari yang ditangkap ada yang sedang nongkrong di sebuah warung. Saat itu yang bersangkutan sedang makan bakso. 

Halaman Selanjutnya
img_title