Tangkal Berita Hoaks Pemilu 2024, AJI Kediri Dorong Pentingnya Literasi

Diskusi Panel Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Di era teknologi informasi, berita-berita hoaks acap kali bertebaran di setiap menjelang pesta demokrasi. Bahkan belakangan dijadikan senjata ampuh untuk melemahkan kekuatan lawan. Kondisi seperti ini pun mengancam stabilitas kehidupan masyarakat.

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

Melalui Diskusi Panel bertajuk 'Strategi Menepis Bayang-bayang Hoaks pada Pemilu 2024', Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri mendorong pentingnya literasi guna menangkap berita-berita bohong itu. Dengan penguatan literasi, masyarakat akan lebih pandai menepis berita yang hanya membuat gaduh keadaan.

Ketua AJI Kediri Danu Sukendro menjelaskan, polarisasi Pilpres 2019 lalu muncul bibit-bibit black campaign atau kampanye hitam melalui berita bohong. Ia pun tak ingin pada Pemilu 2024 mendatang, hal yang sama terulang kembali.

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

"Perkembangan internet belakangan ini sangat pesat dan menghawatirkan. Di sini hal yang patut digarisbawahi, ini merupakan sebuah ladang bagi apapun yang bersifat positif ataupun negatif," ungkap Danu Sukendro, diterima Viva Jatim, Minggu 9 April 2023.

Menurutnya, salah satu contoh kecil ada di WhatsApp Grup (WAG). Banyak orang yang mem-forward dari orang-orang yang tidak bisa memfilter informasi bombastis dan sensasional. Sehingga perlu adanya literasi untuk menangkal hal tersebut.

Menteri Bahlil: Idul Fitri Momentum Saling Memaafkan Usai Pemilu 2024

"Ini menjadi kekhawatiran kita, bagaimana ketika ada pihak-pihak yang terkait dengan Pilpres. Memanfaatkan untuk black campaign, karena itu acara seperti ini saya kira kurang (perlu diperbanyak)," imbuhnya.

Danu Sukendro mengungkapkan, sebagaimana laporan We Are Social dan Meltwater, perkembangan internet saat ini sangat pesat sekali. Sejak tahun 2018 sampai 2022, perkembangan internet sangat pesat di Indonesia, yakni sebanyak 132 juta pengguna.

Halaman Selanjutnya
img_title