Selidiki Kasus Penimbunan Pupuk Subsidi di Mojokerto, Polisi Periksa 5 Orang Saksi

Polisi Periksa 5 Saksi Kasus Penimbunan Pupuk Subsidi
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimSatreskrim Polres Mojokerto terus mendalami kasus penimbunan pupuk subsidi yang ditangani beberapa waktu lalu. Sampai saat ini, penyidik sudah memeriksa lima orang saksi

Dua Kali Mangkir, Kades di Mojokerto Ditangkap Polisi Gegera Korupsi DD Rp360 Juta

Diketahui, sebelumnya diberitakan, Kodim 0815 Mojokerto membongkar gudang penimbunan pupuk subsidi pada Rabu, 31 Mei 2023. Sutomo menimbun ratusan sak pupuk urea bersubsidi itu di gudang milik Sanusi yang berada Dusun Dusun Balonglombok, Desa Sumolawang, Kecamatan Puri. Diduga, Tomo menjual pupuk subsidi itu diatas HET. 

Setelah melakukan pengecekan, TNI menyerahkan kasus ini ke polisi. Kapolsek Puri AKP Sri Mulyani saat itu menyebut jumlah pupuk di gudang Tomo sekitar 180 sak atau 9 ton. Ternyata jumlah pupuk yang disita dari gudang Sanusi mencapai 285 sak atau 14,25 ton.

Yusril Diperiksa Jadi Saksi Ringankan Firli Bahuri, Polda Metro Jaya: Dipanggil Penyidik Besok

Kanit Tipidter Polres Mojokerto Iptu Raditya Herlambang mengatakan, kasus penimbunan pupuk yang dibongkar di gudang milik Sanusi, berada di Dusun Balonglombok, Desa Sumolawang, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto masih dalam proses penyelidikan petugas. 

Sejauh ini, pihaknya belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Saat ini, penyidik fokus memeriksa para saksi untuk mengungkap jaringan penyuplai pupuk urea bersubsidi kepada Tomo.

Pergi dari Rumah Tanpa Pamit, 2 Gadis Disetubuhi di Warung Pujasera Mojokerto

"Sudah 5 yang diperiksa, termasuk pak Sutomo (pemilik pupuk). Kita juga masih koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan," katanya kepada wartawan, Selasa, 6 Juni 2023.

Herlambang memastikan, jika Sutomo bukan distributor resmi dan tidak memiliki Rencana Difinitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Kelompok Tani. Hanya saja, Ia menyebut, selama ini memang pembeli pupuk jenis urea itu merupakan kelompok tani asli. 

Halaman Selanjutnya
img_title