Jemaah Nafar Awal Bersiap Kembali ke Makkah Usai Lempar Jumrah

Masjid al-Haram, Makkah
Sumber :
  • Viva

Jatim – Usai melaksanakan Lempar Jumrah dan Tahalul Awal, jemaah haji yang merencanakan Nafar Awal dapat meninggalkan Mina untuk kembali ke hotel. Diketahui, Nafar Awal adalah jemaah yang mengambil pilihan untuk keluar dari Mina pada 12 Dzulhijah sebelum terbenamnya matahari.

70 Ton Bumbu Indonesia Diangkut ke Tanah Suci untuk Penuhi Selera Jemaah Haji

Hal ini disampaikan Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat, 30 Juni 2023.

“Keberangkatan dari Mina menuju hotel di Makkah, dimulai dari pagi hari hingga selesai. Jemaah akan dijemput di tenda dan diantar ke hotel masing-masing di Makkah,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Jumat, 30 Juni 2023.

Kemenag Ingatkan WNI Terancam Dideportasi dan Rugi Materi bila Berhaji Nonkuota

Dikatakan Fauzin, para petugas haji khususnya yang bertugas di pemondokan telah bersiap menyambut jemaah yang akan kembali ke hotel. Setibanya di hotel, pemerintah mengimbau jemaah agar beristirahat penuh terlebih dahulu untuk memulihkan stamina.  

Setelah itu, jemaah haji dipersilahkan untuk melaksanakan rangkaian rukun dan wajib haji lainnya. Seperti Thawaf Ifadlah dan Sa'i di Masjidil Haram dilanjutkan Tahallul Tsaani. 

200 Calon Jemaah Haji Situbondo Gagal Berangkat

“Rangkaian Thawaf Ifadlah dan Sa'i membutuhkan ketahanan fisik yang prima, terlebih bagi jemaah lansia dan risiko tinggi,” tambah Fauzin.

“Jemaah agar istirahat hingga bus shalawat yang akan membawa jemaah dari hotel ke Masjidil Haram pergi pulang kembali beroperasi. Bus shalawat akan mulai beroperasi kembali pada 14 Zulhijjah 1444H atau 2 Juli 2023. Layanan katering pada hotel di Makkah akan mulai diberikan kembali pada 16 Zulhijjah 1444H atau 4 Juli 2023,” ujar dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title