Sijamed, Aplikasi Inovatif Diskominfo Mojokerto yang Bikin Kerja Sama Cepat-Akuntabel

Sijamed
Sumber :
  • Viva Jatim/Luthfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA Jatim – Diskominfo Kabupaten Mojokerto memiliki aplikasi Sistem Informasi Kerja Sama Media (Sijamed). Aplikasi ini merupakan inovasi kerja sama publikasi antara Pemkab Mojokerto dengan berbagai media massa

Dana Hibah Pilkada Mojokerto Capai 82 Miliar, Lebih Banyak untuk Honor Badan Adhoc

Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto mengatakan, Sijamed menerapkan verifikasi ketat. Di dalamnya terdapat banyak fitur basis data yang memungkinkan verifikasi berjalan lebih cepat, transparan dan akuntabel. 

Pertama, data user berisi data orang-orang yang bisa mengakses aplikasi ini yakni administrator utama Sijamed, tim teknis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, serta nama, nomor Telegram dan email wartawan. 

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

Kedua, data media berisi logo media, nama media dan perusahaannya, serta jenis media. Mulai dari media cetak, online, radio, televisi berskala lokal, regional Jatim hingga nasional. 

Ketiga, daftar reporter berisi nama wartawan, agensi, kepala biro yang bisa menerima pesanan advertorial dari Diskominfo Kabupaten Mojokerto. Ardi mengatakan, pada awal diterapkannya Sijamed tahun 2022, terdapat 94 media yang bekerja sama Pemkab.

Ribuan Warga Terdampak Banjir, Pemkab Mojokerto Dirikan Dapur Umum

“Tahun ini turun menjadi 83 media karena ada yang tidak melanjutkan kerja sama,” kata Ardi, Kamis , 20 Juli 2023. 

Kemudian mulai awal 2023, pihaknya menambahkan fitur data harga dan data invoice di Aplikasi Sijamed. Data harga berisi tarif advertorial setiap media per satu kali tayang. Sedangkan data invoice berisi surat tagihan elektronik dari media untuk setiap advertorial.

Halaman Selanjutnya
img_title