Indeks Ketimpangan Gender Jatim Menurun, Ini Penjelasan Gubernur Khofifah

Indeks Ketimpangan Gender Jatim Menurun
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim- Indeks Ketimpangan Gender (IKG) di Jawa Timur mengalami penurunan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim yang dirilis 1 Agustus 2023, tahun 2022 nilai IKG Jatim 0,440 turun signifikan dibanding tahun 2021 di angka 0,460, atau menurun 0,020 poin.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan, angka tersebut menunjukkan kesetaraan antara pria dan perempuan semakin meningkat  di Jawa Timur. Yang berarti ketimpangan gender  semakin mengecil.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Ketimpangan gender harus kita tekan, karena baik laki-laki maupun  perempuan memiliki kesempatan yang sama baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun politik,” kata Gubernur Khofifah, Minggu, 6 Agustus 2023. 

Khofifah menambahkan, penurunan IKG di Jawa Timur dipengaruhi oleh perbaikan pada dimensi kesehatan reproduksi dan pemberdayaan politik. Lebih lanjut, ia mengatakan untuk dimensi kesehatan reproduksi dipengaruhi perbaikan indikator perempuan melahirkan  diluar fasilitas kesehatan turun dari 0,117 tahun 2021 menjadi 0,099 pada tahun 2022.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

“Alhamdulillah, penurunan ketimpangan  ini sebagai salah satu wujud upaya kita bersama untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Jawa Timur. Karena persalinan yang dilakukan diluar fasilitas kesehatan, akan memicu terjadinya komplikasi persalinan dan berdampak pada kematian ibu dan bayi,” jelasnya.

Khofifah menambahkan, untuk mendukung hal tersebut Ia menginstruksikan seluruh fasilitas  layanan kesehatan di Jawa Timur untuk memaksimalkan akses pelayanan kesehatan sesuai standar melalui Jaminan Persalinan (Jampersal).

Halaman Selanjutnya
img_title