Beromzet Miliaran Per Bulan, Pedagang Tas Wanita di Mojokerto Kelimpungan Usai TikTok Shop Ditutup

Pedagang tas berjualan di TikTok Shop
Sumber :
  • Viva Jatim/Luthfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA Jatim – Layanan TikTok Shop resmi ditutup pemerintah Indonesia hari ini, Rabu, 4 Oktober 2023. Tepat pukul 17.00 WIB, TikTok tidak bisa melakukan transaksi e-commerce lagi. Penutupan ini terkait dengan aturan pemerintah soal larangan media sosial melayani aktivitas jual beli layaknya e-commerce (social e-commerce).

Ninja Xpress Siap Bantu pemberdayaan UKM Jawa Timur dengan Solusi Terintegrasi

Akibat penutupan tersebut, pedagang, seller, affiliate pun terdampak dan tak lagi bisa meraup penghasilan dari penjualan di TikTok Shop. Tak sedikit dari mereka yang merasa sedih. 

Regi Oktaviana misalnya, pelaku usaha tas dan dompet wanita asal Mojokerto. Ia mengaku kelimpungan. Sebab, 90 persen omzetnya berasal dari layanan TikTok Shop. Sehingga larangan tersebut berdampak pada turunnya produksi penjualan hingga omzet. Selain itu,  ia mengatakan, turunnya omzet juga berpengaruh pada hasil produksinya.

Inovasi Usaha Minuman dari Buah-buahan, Potensi Cuan di Bulan Ramadan

"Rasanya seperti didorong ke dalam jurang. Karena memang 90 persen orderan dari TikTok Shop. Berkat TikTok shop juga usaha kami bisa bangkit waktu terpuruk karena pandemi," katanya kepada Viva Jatim di rumahnya yang terletak di Lingkungan Prajurit Kulon Gang 9, Kelurahan/Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Rabu, 4 Okober 2023. 

Pemilik toko Oktaviana Tas Grosir ini menceritakan, awal bergabung dangan TikTok Shop tahun 2021. Dan di tahun 2021. Kala itu, ia masih mejalin kerjasama dengan satu pelaku usaha konveksi untuk membuat tas dan dompet wanita. Seiring berjalannya waktu, orderannya naik pesat. 

Malam Jelang Coblosan, Pemkot Surabaya Tutup Tempat Hiburan

Perempuan berusia 29 tahun ini kemudian merangkul puluhan pelaku usaha konveksi dan menambah karyawan. Kini, sebanyak 35 pelaku usaha konveksi dari Mojokerto dan Sidoarjo telah ia berdayakan. Sementara, untuk karyawan ia memiliki sedikitnya 60 orang mulai dari admin, packing, dan tim kreatif atau konten kreator. 

Sejak bergabung dengan TikTok Shop, dalam sehari pesanananya bisa tembus  1500 sampai 4000 paket. Oleh karena itu, ia menyebut penutupan TikTok Shop sangat berdampak bagi usahanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title