Awalnya Berenang di Bengawan Solo Madiun, Pemuda Asal Surabaya Berujung Meninggal

Tim SAR evakuasi pemuda yang tenggelam di Bengawan Solo
Sumber :
  • BASARNAS Surabaya

Madiun, VIVA Jatim – Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya Haris Supardi, selaku SAR Mission Coordinator (SMC) berhasil mengevakuasi seorang pemuda warga Banyu Urip Surabaya dalam kondisi meninggal dunia, Rabu 04 Oktober 2023 sekitar pukul 09.50 WIB.

Tewas! Bule Amerika Terseret Arus Pantai Double Six Seminyak Bali

“Korban ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 7°38'10.2"S 111°30'42.7"E dimana letaknya kurang lebih 5 meter dari posisi terakhir terlihatnya korban” jelas Haris.

Sebelumnya, diberitakan bahwa korban tersebut tenggalam saat berenang di tengah sungai Bengawan Solo Madiun pada Selasa 03 Oktober 2023 pukul 04.30 WIB. 

3 Jenis Olahraga Ala Rasulullah, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Haris menambahkan setelah dievakuasi dari perairan dengan menggunakan rubber boat, jenazah korban atas nama Reven (26) kemudian dibawa ke RSUP Dr. Soedono Madiun. Seluruh unsur SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian inipun kemudian kembali ke satuan masing-masing setelah operasi SAR ditutup. 

Adapun unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Pos SAR Trenggalek, BPBD Madiun, Koramil Mangunharjo, Polsek Mangunharjo, Brimob Madiun, SAR MTA, SAR SIKATAN, PMI, RAPI Madiun, IEA Madiun, serta masyarakat sekitar.

Begini Kondisi 12 ABK Asal Lamongan yang Selamat, 3 Masih dalam Pencarian

Sebelumnya, Selasa 03 Oktober 2023 sekitar pukul 09.50WIB, Pos SAR Trenggalek dikerahkan dengan membawa peralatan selam dan water rescue untuk upaya pencarian atas korban setelah adanya laporan orang tenggelam di Sungai Bengawan Solo Madiun. 

Upaya pencarian tim SAR gabungan dilakukan dengan membagi tim menjadi 3 Search and Rescue Unit (SRU). SRU pertama dengan menggunakan LCR Basarnas melakukan penyelaman di seputar lokasi dugaan kejadian. SRU 2 dan SRU melakukan penyisiran sungai dengan menggunakan LCR BPBD, LCR SAR Sikatan, dan LCR SAR MTA.