PBNU Desak Segera Hentikan Konflik Bersenjata di Palestina dan Israel

Gus Yahya, Ketua Umum PBNU
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube TVNU

Jakarta, VIVA Jatim – Masyarakat dunia tengah dibuat tercengan dengan konflik perkepanjangan yang terjadi antara Palestina dan Israel. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pun angkat bicara dan mendesak semua pihak untuk bersama-sama menghentikan konflik bersenjata itu. 

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf menyerukan agar konflik bersenjata antara Palestina dan Israel segera dihentikan. Kekerasan yang terjadi tidak boleh dibiarkan, apalagi ratusan orang tewas karena konflik tersebut.

"Hentikan kekerasan di wilayah keduanya," ujar Gus Yahya, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis dikutip dari VIVA, Selasa, 10 Oktober 2023.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Gus Yahya dalam kesempatan yang sama mengajak seluruh pihak terkait dan masyarakat internasional bertindak dengan langkah tepat. Dia mendorong agar langkah tersebut dapat mencapai penyelesaian yang adil sesuai dengan hukum internasional bagi Palestina dan Israel.

"Masyarakat internasional harus bertindak dengan langkah-langkah yang lebih tegas menuju penyelesaian yang adil atas masalah Israel dan Palestina sesuai dengan hukum dan kesepakatan-kesepakatan internasional yang ada," katanya.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Gus Yahya juga menyerukan kepada Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB untuk tidak menggunakan hak veto hanya demi membela salah satu pihak. Ditegaskan ulama yang aktif dalam kampanye perdamaian global itu, keadilan dan kemanusiaan harus dijadikan landasan sikap yang absolut.

Dia menyerukan kepada masyarakat luas untuk tak menggunakan identitas dan seruan agama sebagai bahan memupuk dan mengembangkan permusuhan.

Halaman Selanjutnya
img_title