Fasilitas GBT dan GN10 Harus Berstandar FIFA saat Piala AFF U-19, Ini Catatan PSSI

Tim PSSI dan FIFA saat mengecek kondisi GBT Surabaya.
Sumber :
  • Humas Pemkot Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim – Tournament Director Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Ronny J Suhatril, dan Komisaris Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) serta Federasi Sepak Bola Asia (AFF), Mohd Saifuddin Abu Bakar, melakukan inspeksi di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion G10N Surabaya pada Senin, 27 Mei 2024. Pemkot Surabaya diminta memperbaiki fasilitas yang kurang sebelum dipakai Piala AFF U-19 pada 17-29 Juli 2024.

Wajah Kota Lama Surabaya Jelang Dilaunching, Yakin Tak Mau Berkunjung?

Inspeksi didampingi oleh beberapa pejabat Pemkot Surabaya, di antaranya,  Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Eringgo Perkasa, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Surabaya, Dwija Wardhana, dan beberapa pejabat lainnya.

Tournament Director PSSI Ronny mengatakan, inspeksi dilakukan bertujuan untuk memastikan kesiapan venue yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala AFF U-19. Ada dua tempat yang diinspeksi, yakni Stadion GBT dan Gelora 10 Nopember (G10N). 

PSSI Bidik Striker Kelas Eropa untuk Perkuat Timnas Indonesia

“Jadi, ada dua kompetisi yang dijalankan di Indonesia. Untuk pertandingan U-16 diselenggarakan di Surakarta pada bulan Juni, dan U-19 yang dahulunya diselenggarakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo (GDS), sekarang kita pindah ke Stadion GBT,” kata Ronny.

Ada beberapa catatan penting yang ditemukan Ronny dan tim saat melakukan inspeksi. Yaitu terkait lampu, rumput, rekayasa lalu lintas, transportasi, parkir penonton, lapangan stadion, pintu gerbang stadion, dan beberapa catatan lainnya. Hal-hal yang dicatat itu menurut Ronny belum berstandar FIFA. Itu semua harus diperbaiki oleh Pemkot Surabaya sebelum kompetisi dimulai.

Dapatkan Segera! Pemkot Surabaya Lelang 887 Unit Kendaraan Operasional

Ronny menyampaikan, standar pertandingan Piala AFF U-19 nanti tidak jauh berbeda dengan standar yang ditentukan oleh FIFA pada saat Piala Dunia U-17 2023. Menurutnya, sejauh ini, venue Stadion GBT tidak terlalu ada catatan yang terlalu krusial, karena kondisinya sudah sesuai dengan standar internasional. 

“Nanti kita akan melakukan treatment, tinggal copy paste sama seperti yang terdahulu. Hanya saja nanti menyesuaikan jadwal pertandingan saja, karena ada pertandingan yang digelar sore dan malam. Sedangkan nanti yang di Tambaksari, mungkin ada sedikit pengaturan contraflow lalu lintasnya,” ujar Ronny. 

Halaman Selanjutnya
img_title