6 Syarat Murid agar Mendapatkan Ilmu Menurut Sayyidina Ali

Ilustrasi siswa belajar di sekolah.
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Hari ini, Kamis, 2 Mei 2024, merupakan momen peringatan Hari Pendidikan. Lebih dari sekadar seremoni, alangkah lebih baik jika memperingatinya dengan mengevaluasi model dan sistem pendidikan yang sudah berjalan selama ini, termasuk indikator keberhasilannya pada pembentukan karakter guru, murid, dan pengelolanya.

Santri Pesantren di Lamongan Diduga Dianiaya Teman, Tangan-kaki Diikat Lalu Dibanting

Tak ada salahnya bila membandingkan dengan konsep pendidikan para ahli terdahulu, karena pemikiran mereka masih relevan untuk dijadikan rujukan di masa kini. Termasuk membandingkan dengan pakar pendidikan dari dunia Islam. Salah satunya menggali konsep dan etika pendidikan yang dipaparkan oleh Syekh Azzarnuji, pengarang kitab Ta’lim al Muta’allim yang masyhur di kalangan pondok pesantren.

Ada banyak fasal dibahas di dalam kita Ta’lim, salah satunya tentang etika murid dalam menuntut ilmu. Dijelaskan di kitab tersebut, mengutip syair dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib, Azzarnuji menyampaikan ada enam syarat yang harus dipegang seorang murid atau penuntut ilmu agar bisa mendulang ilmu yang luas sekaligus bermanfaat, tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga bermanfaat untuk banyak orang.

Pancing Amarah Warga Madura, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditangkap Polisi

Bunyi syair tersebut:

Alaa laa tanaalul ilma illaa bisittatin/saunbika ‘an majmu’ihaa bibayaanin

TP PKK Kediri Dorong Peran DWP Cetak Kualitas Pendidikan Generasi Bangsa

Dzakaa’in wa hirshin washthibaarin wa bulghatin/wa irsyaadi ustaadzin wa thuuli zamaanin

Artinya:

Halaman Selanjutnya
img_title