Cegah Penyakit Vertigo dengan 4 Kebiasaan Ini

Ilustrasi orang vertigo
Sumber :
  • Ceritakita

JatimVertigo merupakan sebuah ilusi di mana seseorang merasakan bahwa kondisi lingkungan di sekitar terasa berputar atau bergoyang, padahal sebenarnya tidak. Sebagian tentu tidak asing dengan penyakit ini, baik dialami sendiri maupun mendengar dari orang yang mengalaminya sendiri.

Penderita Penyakit Lambung Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Kata Dokter Bahayanya Begini

Perlu diketahui bahwa ada empat organ keseimbangan yang mengatur keseimbangan tubuh manusia. Diantaranya mata, telinga bagian dalam, otak kecil, dan sistem sensor propioseptif pada bahu. 

Jika salah satu atau bahkan keempatnya mengalami gangguan, maka bisa muncul keluhan vertigo. 

Atasi Insomnia dengan 4 Ramuan Herbal Ini, Berikut Resepnya

Dikutip dari Hidup Sehat tvOne, menurut jenisnya vertigo dibagi menjadi dua yakni vertigo berputar atau vestibular dan tidak berputar atau non vestibular

Sedangkan dikatakan oleh dr. Zicky Yombana, SpS Spesialis Saraf, dijelaskan bahwa dari asalnya vertigo juga dapat dibagi dua. Diantaranya vertigo central dan vertigo perifer.

Tips Ampuh Cegah Depresi dengan Terapkan 7 Gaya Hidup Sehat

Vertigo central sendiri kemungkinan bisa terjadi di otak kecil dan lebih berbahaya dibanding dengan vertigo periver meski keluhannya lebih hebat. 

Lebih lanjut penyebab vertigo berputar yang terjadi pada seseorang, dikarenakan perubahan posisi kepala terlalu cepat atau gangguan telinga di bagian dalam seperti berdenging. 

Halaman Selanjutnya
img_title