50 Advokat dan Akuntan Publik Jalani Pendidikan, Pimpinan AKPI: Penting Bekerja Profesional!

Ketua Umum AKPI Imran Nating dengan Sekjen Rafly Siregar di Surabaya.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua Umum Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) Imran Nating menegaskan pentingnya bekerja secara profesionalitas kepada para calon kurator yang saat ini sedang menjalani pendidikan di Shangri La Hotel, Kota Surabaya, Senin, 6 Mei 2024.

AKPI Tanggapi Mafia Kepailitan: Kita Tindak Tegas!

"Kita akan latih mereka seperti apa hukum kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran utang di dalam ketentuan aturan perundang-undangan," ujar Imran.

Pendidikan bagi calon kurator di Surabaya diikuti sebanyak 50 orang berlatar belakang advokat serta akuntan publik yang berlangsung hingga dua pekan ke depan.

Sejumlah Advokat Buka Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu di Kediri

Imran mengatakan, masa pendidikan bagi calon kurator berlangsung di dua kota di Indonesia, yakni di Jakarta dan di Surabaya. Bila di kota pahlawan diikuti 50 orang, maka di bekas ibu kota negara tersebut, kegiatan ini diikuti 100 peserta.

Imran melanjutkan, setelah menjalani pendidikan ini para calon kurator akan menjalani dua ujian secara tertulis maupun lisan. Nah bagi peserta yang lulus dua ujian tersebut, akan direkomendasikan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk memperoleh lisensi sebagai kurator negara.

Sarasehan Vokasi SMK Nurul Islam Gresik Diharap Jadi Bekal Kompetensi Lulusan

Meski pendidikan bagi calon kurator secara periodik digelar, Imran menegaskan, materi yang diberikan tidak mengalami banyak perubahan. Kecuali bila ada update aturan perundang-undangan maupun surat edaran Mahkamah Agung tentang kepailitan.

"Sepanjang tidak ada update peraturan perundang-undangan, itu tidak ada secara signifikan berubah. Atau mungkin ada tambahan terkait kondisi di lapangan," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title