Polres Mojokerto Buat Sumur Bor untuk Pengairan Lahan Pertanian Warga

Polres Mojokerto Buat Sumur Bor untuk Pengairan Lahan Pertanian Warga
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA JatimPolres Mojokerto membuat terobosan baru untuk mengantisipasi jika terjadi kekeringan saat musim kemarau. Adapun caranya dengan membuat sumur bor di area persawahan warga

Jalani Sidang, Guru Ngaji di Mojokerto Terancam 15 Tahun Penjara

Sumur bor tersebut dibangun di dua titik. Yakni, di Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar dan Desa Balongmojo, Kecamatan Puri. Sumur bur itu dapat dimanfaatkan mengairi 10 sampai 15 hektare lahan pertanian.

Proses pembuatan sumur bor melibatkan warga sekitar. Kapolres Mojokerto AKBP Irham Kustarto juga mengajak sejumlah polisi wanita (polwan) untuk membantu membangun konstruksi sumur bor. 

Polres Mojokerto Gelar Doa Bersama Lintas Agama Jelang HUT Bhayangkara Ke-78

"Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan penggalian sumur dengan kedalaman hampir 50 meter, Alhamdulillah sudah bisa keluar airnya. Jadi ada 2 lokasi bisa mengairi 10-15 hektare hasil skrining dari pertanian dan ahli yang menggali sumur," kata Kapolres Mojokerto AKBP Ihram Kustarto kepada wartawan, Selasa 11 Juni 2024.

Irham bilang, pembangunan sumur bor menindaklanjuti laporan dari Bhabinkamtibmas Desa setempat yang mendengarkan aspirasi dari sejumlah petani. Para petani mengeluhkan kesulitan mendapatkan air untuk mengairi lahan pertanian mereka. 

Dua Desa di Trenggalek Mulai Kekeringan Ajukan Dropping Air Bersih

Selain itu, pembangunan bor tersebut juga sebagai bantuan sosial kemanusiaan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 78.

"Informasi awal dari Bhabinkamtibmas kami yang kebetulan adalah Polwan (Polisi Wanita) pada saat dia patroli menginfokan bahwa petani harus menunggu beberapa hari sekali untuk bisa mengairi sawah atau bahkan menunggu air hujan," kata Ihram.

Halaman Selanjutnya
img_title