Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Beri Saran Tangani Cepat Serangan Jantung

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim-Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K), menyampaikan bahwa penanganan cepat untuk kasus serangan jantung perlu dipahami ketika gejala mulai muncul. 

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Salah satu gejala yang dialami dominan pasien adalah nyeri dada. Kondisi ini yang patut diwaspadai masyarakat dengan selalu menyiapkan obat yang ditempatkan di bawah lidah

"Sampaikan ke orang lain akan keluhannya lalu setelah itu, jika ada obat-obat nitrat isosorbit yang bisa ditaruh di bawah lidah, pakai," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Jumat 23 Juni 2023.

Ini Dugaan Penyebab Mobil Xpander di Mojokerto Tabrak Pohon Tewaskan Sopir

Gejala yang dialami itu sebaiknya segera diberitahukan pada orang lain. Saat mengalami keluhan tersebut, tak dianjurkan beraktivitas dan harus beristirahat saja. Sebab, aktivitas apa pun dapat meningkatkan kerja jantung yang akhirnya memperberat kondisinya.

"Jangan ada aktivitas, jangan ngeden, jangan dorong-dorong, jangan naik tangga. Segera ke rumah sakit untuk lakukan pertolongan EKG," imbuhnya. 

Pemotor di Mojokerto Tiba-Tiba Meninggal, Diduga Alami Serangan Jantung

EKG merupakan elektrokardigraf, di mana bekerja untuk merekam kelistrikan pada jantung dalam waktu tertentu. Dengan memeriksakan jantung, maka bisa menjadi langkah utama dalam pencegahan dini sehingga menghindari bahaya serangan jantung.

"Pemakaian smart watch juga ada yang bisa EKG untuk cek detak jantung. Bisa kirim cek heart rate dan dikirim ke teman yang juga tenaga medis. Itu salah satu langkah pertolongan pertama untuk diantar ke RS, karena nggak mungkin nolong diri sendiri," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title