Serangan Jantung Rentan Menimpa Usia Muda, Kenali Penyebabnya

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA JatimPenyakit serangan jantung kini mulai menimpa kalangan usia muda dan produktif. Data Rikesdas 2018 mengungkapkan bahwa prevalensi penyakit jantung di Indonesia berdasarkan usia mulai meningkat di usia 35 sampai 44 tahun. Hal ini tentu menjadi pengingat bahwa serangan jantung tidak hanya identik dengan usia lanjut.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Dikutip dari VIVA, Rabu, 29 November 2023, penyakit Jantung Koroner (PJK) atau serangan jantung adalah kondisi di mana aliran darah yang seharusnya membawa darah kaya oksigen ke otot jantung tiba-tiba berkurang atau berhenti. Hal ini disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan lemak, kolesterol, hingga plak.

Berdasarkan data dari WHO pada 2019 menunjukkan bahwa ada 17,9 juta orang meninggal dunia karena penyakit kardiovaskular, 85 persen nya meninggal karena serangan jantung dan stroke. Penyakit jantung masih menjadi penyakit kardiovaskular yang sekaligus penyebab utama kematian secara global.

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

Berikut ini adalah penyebab serangan jantung mulai dialami orang berusia muda, seperti yang dijelaskan oleh Dr dr Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, selaku Ketua Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dalam media briefing bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Selasa 28 November 2023.

1. Aktivitas fisik yang menurun

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

Pada orang berusia 18 tahun ke atas, aktivitas fisik dinilai semakin menurun. Terutama sejak pandemi, banyak orang dewasa yang bekerja di rumah dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadgetnya. Bahkan setelah pandemi berlalu pun, kebiasaan tersebut masih belum hilang sepenuhnya. Kurangnya olahraga atau latihan fisik ringan menjadi salah satu penyebab kesehatan jantung menurun hingga memicu serangan jantung.

2. Obesitas pada anak dan remaja usia 2-19 tahun

Halaman Selanjutnya
img_title