Respons Presiden Jokowi saat Mahfud MD Undang Rocky Gerung ke Kantornya

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Pengamat politik yang cukup keras melontarkan kritikannya terhadap Kabinet Indonesia Maju, lebih khusus Presiden Joko Widodo, Rocky Gerung diundang Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) RI ke kantornya. Keduanya berbincang banyak hal seputar pemerintahan.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

Pertemuan Mahfud dengan Rocky Gerung diketahui Presiden Jokowi. Menurut Mahfud, Jokowi tak begitu memberikan reaksi keras. Justru Presiden hanya ketawa-ketawa saja. Hal demikian diungkapkan Mahfud MD dalam podcast YouTube Sekretariat Kabinet RI, dikutip dari VIVA, Kamis, 6 Juli 2023.

"Rocky Gerung sudah saya undang ketemu saya. Pak Jokowi tahu dan ketawa-ketawa saja," kata Mahfud MD.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Mahfud menegaskan Presiden Jokowi terbuka dengan lawan-lawan politiknya, termasuk dengan kritik. Berbeda dengan era Orde Baru, kata Mahfud, dimana pihak-pihak yang dianggap musuh atau lawan politik pemerintah maka tak boleh ditemui pejabat negara.

"Zaman Pak Harto dulu, oposisinya Pak Harto, menterinya enggak boleh ketemu. Harus ikut memusuhi," ujar Mahfud.

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Karena itu lah, lanjut Mahfud, ia tak sungkan menemui pihak-pihak yang kritis terhadap pemerintah, bahkan tak jarang melayani debat dengan mereka di media sosial.

"Saya dengan lawan-lawannya Pak Jokowi, dengan Rizal Ramli sering ketemu, dengan Said Didu, dengan Rocky Gerung, siapa lah yang kritis semua saya temui, dan Pak Jokowi tahu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title