Saat Umat Buddha Ikuti Tradisi Pindapatta di Vesak Festival

Acara Vesak Festival di Surabaya.
Sumber :
  • YBAI

Surabaya, VIVA Jatim – Dalam rangka menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak, umat Buddha di Kota Surabaya berbondong-bondong mengikuti tradisi pindapatta di Vesak Festival Surabaya, Kamis kemaren.

Sanghadana Waisak Terbesar Se Indonesia di Vesak Festival, Donasi Terkumpul Ratusan Juta

Pindapatta merupakan sebuah prosesi dimana para Bhikkhu Sangha berjalan dan umat memberikan dana makanan dengan meletakkannya ke dalam patta (mangkok makan Bhikkhu). Saat itu, anak-anak hingga lansia yang merupakan umat Buddha membentuk lingkaran dan bersimpuh di tengah gelaran Vesak Festival sambil menyiapkan persembahan kepada para Bhikkhu.

Tak lama kemudian, para Bhikkhu keluar membawa patta untuk menerima persembahan makanan dari para umat. Ketua Panitia Vesak Festival 2024 Anthony Orodiputro menjelaskan bahwa tradisi ini bermakna penghormatan umat pada anggota Sangha. Dalam tradisi ini, umat memberikan makanan kepada anggota sangha.

Gambaran Bikkhu Sebenarnya di Film Hakiki Disuguhkan di Vesak Festival Surabaya

“Sebagai penghormatan kepada anggota Sangha, umat memberikan dana makanan untuk mencukupi kebutuhannya,” kata Anthony di sela-sela acara.

Ia mengaku senang karena antusiasme umat Buddha yang mengikuti tradisi pindapatta tahun ini luar biasa dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, ia memastikan yang mengikuti pindapatta itu terus meningkat setiap tahunnya.

Ada Rupang Buddha Bergerak di Vesak Festival di TP 3 Surabaya

“Jadi, pindapatta ini tidak hanya dilakukan pada hari ini, tapi akan kita lakukan terus hingga beberapa hari ke depannya, sehingga akan lebih banyak lagi umat yang mencukupi kebutuhan anggota Sangha,” ujarnya.

Menurut Anthony, antusiasme umat yang mengikuti pindapatta itu berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung Vesak Festival tahun 2024 ini. Ia memperkirakan pengunjung Vesak Festival tahun ini akan jauh lebih banyak karena festival tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title