Momen Wali Kota Eri Cahyadi dan Istri Pakai Manten Pegon di Parade Mobil Hias

Wali Kota Eri Cahyadi di acara Surabaya Vaganza HJKS 731.
Sumber :
  • Humas Pemkot Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim – Acara Surabaya Vaganza yang dimeriahkan dengan parade mobil hias dan pawai budaya di Kota Surabaya pada Minggu, 26 Mei 2024, menyedot perhatian masyarakat yang menonton. Di gelaran itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan istri, Rini Indriyani, turut serta dengan mengenakan busana manten pegon.

Mahameru EVI, Kompetisi Pertama di Indonesia yang Digelar Polda Jatim

Parade mobil hias dan pawai budaya digelar dengan titik pusat di Tugu Pahlawan. Kegiatan itu dilaksanakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 731. Bertema The Chronicle of Surabaya, ragam hiasan dan bentuk serta busana ditampilkan oleh ratusan peserta.

Tema pawai budaya itu dipilih untuk menggambarkan tentang perjalanan panjang sejarah Kota Pahlawan dari masa ke masa. Ribuan penonton yang berjejalan di sepanjang rute parade mobil hias dan parade budaya dibuat tertarik untuk menyaksikan momen istimewa itu sampai selesai.

Potret-potret Kota Lama Surabaya yang akan Diluncurkan sebagai Wisata Baru

Eri Cahyadi dan istrinya, Rini Indriyani, juga turut tampil di acara tersebut. Keduanya mengenakan busana manten pegon, yaitu busana pengantin khas Kota Pahlawan dengan akulturasi budaya Eropa, Arab, Cina, dan Jawa. 

Busana manten pegon telah diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemdikbudristek RI. Keduanya terlihat serasi saat mengendarai mobil tua berwarna putih tulang. Mengikuti rute parade, Eri dan Rini disambut riang oleh masyarakat yang menonton.

Banjir Baliho Hendy - Kaesang di Surabaya, Maju Pilwali 2024?

Mobil hias menarik di acara Surabaya Vaganza HJKS 731.

Photo :
  • Humas Pemkot Surabaya

Dalam sambutannya, Eri mengatakan bahwa melalui event Surabaya Vaganza, Pemerintah Kota Surabaya ingin menggugah masyarakat untuk terus mengingat perjalanan panjang sejarah Kota Pahlawan hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
img_title