Menyibak Fakta-fakta Konflik Berkepanjangan Palestina dan Israel

Eskalasi serangan dalam konflik Palestina dan Israel
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Dunia saat ini tengah dibuat genting dengan konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel. Kedua negara tersebut kembali berseteru hingga menjadi sorotan berbagai negara di dunia. Meski begitu, ada beberapa fakta yang jarang diketahui publik tentang kemelut konflik keduanya.

Israel Serang Kota Rafah Gaza, PBB: Tak Dapat Ditoleransi, Hentikan Genosida!

Berikut ini Viva Jatim mencoba menyibak 5 fakta tentang konflik Palestina dan Israel yang jarang diketahui publik, dilansir dari VIVA, Rabu, 11 Oktober 2023.

1. Pengungsi Palestina

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Selain warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Jerusalem Timur, ada juga jutaan pengungsi Palestina yang tersebar di berbagai negara di Timur Tengah. Mereka adalah keturunan dari orang-orang yang melarikan diri selama perang Arab-Israel tahun 1948 dan perang-perang berikutnya.

NRWA (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East) bertanggung jawab untuk memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina dan telah beroperasi sejak tahun 1949.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

2. Dua Wilayah Otoritas Palestina

Otoritas Palestina mengendalikan Tepi Barat dan Gaza, tetapi keduanya memiliki pemerintahan yang terpisah. Tepi Barat diperintah oleh Fatah, sedangkan Gaza dikuasai oleh Hamas. Sejak 2007, ada perpecahan politik antara kedua faksi ini, yang telah memperumit upaya perdamaian.

Halaman Selanjutnya
img_title