Ribuan Warga di 4 Kelurahan Kota Mojokerto Terdampak Banjir

Pj Wali Kota Mojokerto saat meninjau banjir
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim – Banjir melanda 4 Kelurahan di 3 Kecamatan Kota Mojokerto pada Rabu, 6 Februari 2024. Aktivitas ribuan warga terdampak akibat kejadian ini.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Hasil mitigasi oleh petugas gabungan dari Satuan Koordinasi Pelaksanaan Penanggulangan Bencana (Satkorlak PB) Kota Mojokerto, banjir merendam Kecamatan Magersari, Kranggan dan Prajurit Kulon.

Rata-rata ketinggian air banjir di jalan raya dan merendam permukiman warga sekitar 30-50 sentimeter. Banjir yang mengepung Kota Mojokerto itu berdampak langsung ke masyarakat. Total sekitar 4.506 warga terdampak banjir tersebut.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

"Dari lokasi terdampak banjir tersebut itu jumlah warga perkiraan sekitar hampir lima ribu warga yang terdampak," kata Satkorlak PB Kota Mojokerto

Gaguk Tri Prasetyo saat meninjau rumah pompa di Perum Griya Permata Meri, Rabu, 6 Februari 2024.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Ia mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder, termasuk BPBD Provinsi Jawa Timur dalam penanggulangan banjir di wilayah Kota Mojokerto. Menurut dia, upaya paling cepat agar banjir cepat surut adalah mengaktifkan rumah pompa selama optimal 24 jam.

“Dari Jumlah rumah pompa yang ada akan kita optimalkan 24 jam. Kita akan dibantu oleh BPBD Provinsi Jawa Timur untuk pompa yang cukup besar. Kita fokuskan di lingkungan perumahan Meri ini, sehingga lebih mempercepat surutnya air," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title