Menaker Hadiri Groundbreaking Pembangunan SMK Asy-Syarif Mitra Industri di Mojokerto

Peletakan batu pertama SMK Asy-syarif Mitra Industri Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/ Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan SMK Asy-syarif Mitra Industri di Mojokerto. 

Komisi IX DPR RI Minta Menaker Cairkan THR Swasta Paling Lambat H-14 Lebaran

Lembaga pendidikan kejuruan ini diharapkan mampu menjawab tantangan ketersediaan tenaga kerja, yang memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan industri. Pembangunan SMK ini merupakan kolaborasi antara Yayasan Pendidikan dan Sosial Asy-Syarif dengan Himpunan Kawasan Industri (HKI) MM2100. 

Gedung SMK Asy-Syarif Mitra Industri ini dibangun di lahan belakang SD Asy-Syarif Islamic School di Desa Brangkal, Kecamatan Sooko. Adapun peletakan batu pertama yang dilaksanakan pada Jumat, 8 Februari 2024 sore ini, menandakan dimulainya pembangunan gedung. 

Tinjau Proses Pembangunan Smelter PTFI di Gresik, Wamenaker: Kita Harus Bangun Hilirisasi

Ida Fauziyah menuturkan, dirinya menyambut baik pembangunan SMK Asy-Syarif Mitra Industri ini. Sebab, SMK yang sudah ada dirasa kurang menjawab sepenuhnya kebutuhan industri, bahkan melahirkan banyak pengangguran. Sehingga keberadaan SMK Asy-Syarif sangat dibutuhkan. 

“Sebagai menteri tentu sangat mendukung karena tingkat pengangguran terbuka kita disumbangkan di antaranya dari lulusan pendidikan vokasi. Dengan lahirnya SMK  ini, pendidikan vokasi yang ada disini menyumbangkan tenaga skil baru agar mengurangi tingkat pengangguran kita,” kata kepada wartawan usai prosesi groundbreaking, Jumat, 8 Februari 2024. 

Bupati Pimpin Peletakan Batu Pertama Pembangunan Stadion Surajaya Lamongan

Ia menilai, SMK Asy-Syarif Mitra Industri mampu menyiapkan lulusan yang terampil dan sesuai dengan kebutuhan industri. Karena sejak awal pembangunannya menggandeng para pelaku industri. 

“Pasti akan menguruangi pengangguran. Pasti, karena dari awal bermitra dengan industri, yang kita siapkan untuk kebutuhan industri,“ tutupnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title