KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 59 Lok dan 341 Kereta untuk Angkutan Lebaran 2024

KAI Daop 8 Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya akan memulai posko angkutan Lebaran 2024 pada tanggal 5 April 2024 dan mengakhiri posko pada 16 April 2024. Berbagai kesiapan sarana dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan melakukan mudik lebaran dengan menggunakan transportasi KA.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengungkapkan menyambut momen angkutan Lebaran Tahun 2024 ini, dari sektor sarana perkeretaapian, KAI Daop 8 menyiapkan sebanyak 59 lokomotif dan 341 kereta yang dalam kondisi siap operasi untuk mengantar penumpang yang akan melakukan perjalanan. 

Di samping itu, dari sisi perawatan, KAI Daop 8 Surabaya juga mengintensifkan pemeriksaan harian dan berkala yang dilakukan oleh jajaran sarana untuk memastikan kondisi lokomotif maupun kereta yang akan dioperasikan tersebut handal selama masa angkutan lebaran sehingga dapat melayani pelanggan dengan selamat dan nyaman. 

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Luqman Arif menyebutkan, pemeriksaan dilakukan dengan pengecekan mendetail pada rangka bawah, bogie, alat perangkai kereta, alat pengereman, dan peralatan keselamatan pada kereta. Demi kenyamanan pelanggan, petugas juga mengintensifkan pengecekan kebersihan interior dan eksterior kereta, sistem kelistrikan termasuk AC dan audio - video, tempat duduk penumpang, serta kelaikan toilet.

Selain itu, petugas sarana lokomotif juga melakukan perawatan komponen lokomotif dan memastikannya berfungsi dengan baik dengan melakukan pemeriksaan mendetail pada engine, sistem angin, diesel, kelistrikan, dan mekanik. 

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Luqman menambahkan, bahwa perawatan sarana kereta api memegang peranan penting dalam operasional perjalanan kereta api. Oleh sebab itu, berbagai persyaratan harus dimiliki oleh petugas sarana sebelum ditempatkan di Depo atau stasiun keberangkatan.

KAI Daop 8 Surabaya memastikan SDM bagian Sarana selalu siap dalam mengamankan dan menjaga kenyamanan perjalanan KA. Sebanyak 339 pekerja sarana telah mengantongi Sertifikat Kompetensi Tenaga Pemeriksa Sarana Kereta Api dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan KAI.

Halaman Selanjutnya
img_title