Kemenkumham Jatim Terima Permohonan 52 Anak Berkewarganegaraan Ganda

Suasana pemeriksaan substantif ABG oleh Kanwil Kemenkumham Jatim
Sumber :
  • Kemenkumham Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur melakukan pemeriksaan substantif kepada anak berkewarganegaraan ganda (ABG). Selama 2024 ini, sudah ada 52 ABG yang telah dilakukan pemeriksaan substantif untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. 

Niat Liburan, Dua Bocah TK Malah Tewas Tenggelam di Jatiwangi Park Tuban

"Menjelang batas akhir permohonan sesuai Pasal 3A Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2022, animo masyarakat cukup tinggi," ungkap Heni Yuwono, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Sabtu, 1 Juni 2024.

Heni menjelaskan bahwa dari jumlah permohonan yang ada, tidak semua diterima. Sejauh ini, pihaknya sudah melakukan pengambilan sumpah terhadap sebelas orang pemohon.

Ngeri, Paha Bocah Gresik Ini Tertancap Besi Pondasi Usai Terjatuh

"Kami proses hari ini, karena Jumat, 31 Mei pembayaran PNBP-nya sudah ditutup, sehingga harus dilakukan percepatan," kata Heni.

Suasana pemeriksaan substantif ABG oleh Kanwil Kemenkumham Jatim

Photo :
  • Kemenkumham Jatim
Marak Judi Online, Korem 084 Bhaskara Jaya Periksa Ponsel Prajurit dan Pegawai

Pemeriksaan substantif bertujuan untuk memastikan bahwa ABG yang memilih kewarganegaraan Indonesia memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia.

"Hasil pemeriksaan substantif akan menjadi bahan pertimbangan bagi menteri untuk menerbitkan keputusan pewarganegaraan bagi ABG yang memilih kewarganegaraan Indonesia," terang Heni.

Halaman Selanjutnya
img_title