Kiai Muda Jatim Edukasi Pertanian Organik bagi Masyarakat Tulungagung

Ngaji Pertanian Padi Organik Kiai Muda Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Perekonomian Kabupaten Tulungagung mengalami peningkatan angka pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hal ini didukung oleh upaya mempertahankan lahan pertanian, pengelolaan sektor-sektor andalan secara optimal dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Kiai Muda Jawa Timur, Gus Ali Baidlowi dalam kegiatan 'Ngaji Pertanian Padi Organik' di Komplek Yayasan Pendidikan Putra Buana, Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu, 13 Mei 2023.

"Kami mendorong masyarakat Tulungagung yang terkenal dengan sentra pertaniannya yang memiliki tanah subur agar bagaimana mereka bisa mengelola lahan mereka secara optimal yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," ujar Gus Ali.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Dalam kesempatan tersebut, Ali juga menyampaikan bagaimana pentingnya pemberian nutrisi dan pupuk organik untuk tanaman agar baik terhadap kesehatan saat dikonsumsi. 

Hal tersebut disampaikan agar nantinya masyarakat bisa mengkonsumsi hasil pertanian yang sehat dan kaya akan gizi.

Program DITO, Produktivitas Padi di Kediri Naik Jadi 6,24 Ton Per Hektare

"Tentu pelatihan itu juga dilakukan supaya para masyarakat khususnya petani bisa mengolah pertanian dengan baik dengan tetap menggunakan pupuk organik agar hasil konsumsinya bisa dimakan dengan aman," katanya.

Menurutnya, masyakarat merepons kegiatan tersebut dengan antusias dan mengikuti pelatihan tersebut dengan serius. Dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang muncul seputar pertanian kepada mentor dalam kegiatan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title