Baju Kampanye Didesain Jokowi, Demokrat Ragukan Orisinalitas Ganjar

Baju kampanye Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Langkah strategis menuju kemenangan terus dilakukan oleh masing-masing Calon Presiden. Termasuk Ganjar Pranowo yang baru-baru ini memperkenalkan baju kampanye dengan motif garis lurus hitam putih. Ia mengaku baju tersebut didesain Presiden Joko Widodo.

Deny Widyanarko Siap Lawan Petahana di Pilkada Kediri 2024: Demi Marwah Demokrasi!

Kendati demikian, baju desain tersebut mendapat respons menohok dari Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Ia meragukan keaslian atau orisinalitas dari sosok Ganjar sebagai calon pemimpin bangsa dan negara. Sebab baju kampanye pun buatan Jokowi.

"Wajar saja jika kemudian ada pertanyaan-pertanyaan kritis, apa yang sebenarnya orisinal dari Pak Ganjar? Karena ada kesan menjadi Capres berarti menjadi serba Jokowi atau menjadi Jokowi," kata Kamhar dikutip dari VIVA, Kamis, 20 Juli 2023.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

Kamhar juga menilai Ganjar tengah melakukan gimik politik lantaran mengkampanyekan desain bajunya dari Presiden Jokowi. Hal tersebut, lanjut dia, dapat meningkatkan efek elektoral dari pendukung Jokowi.

"Jika Pak Ganjar saat ini sudah merilis baju kampanyenya, sambil mengampanyekan bahwa itu di desain Pak Jokowi sebagai bagian dari gimik politik untuk mendapatkan efek elektoral dari pendukung Jokowi, silahkan saja. Sah-sah saja," ucap Kamhar.

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Meski begitu, Kamhar mengatakan atribut kampanye merupakan sesuatu yang penting dalam setiap kompetisi maupun kontestasi. Atribut kampanye dapat mewakili gagasan tertentu hingga sekedar hanya untuk unjuk gigi dari yang lainnya.

"Baju kampanye memang menjadi salah satu atribut penting dalam setiap kompetisi atau kontestasi. Biasanya ini mewakili gagasan, konsep atau karakter tertentu. Meskipun ada juga yang sekedar untuk gagah-gagahan sebagai pembeda dibanding yang lainnya," kata Kamhar.

Halaman Selanjutnya
img_title