Elektabilitas Gerindra Naik, Gus Fawait : Prabowo Penerus Jokowi

Ketua Fraksi Gerindra Jatim Muhammad Fawait.
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Tingkat elektabilitas Partai Gerindra yang tertinggi sejak 2015 dari hasil survei Litbang Kompas mendapat sambutan positif dari Ketua Fraksi Gerindra Jatim Muhammad Fawait. Ia yakin bahwa Gerindra di 2024 akan menang. 

PSI-Gerindra Sepakat Berkoalisi di Pilwali Surabaya, Figur Ini Berpeluang Diusung

Menurutnya naiknya elektabilitas Gerindra adalah buntut dari sosok Ketua Umumnya, Prabowo Subianto. "Kami melihat bahwa kenaikan yang cukup signifikan dari elektabilitas partai Gerindra ada beberapa faktor yang pertama tentu karena pemilih Pak Prabowo juga banyak yang memilih kepada partai Gerindra tentu ini karena Prabowo effect," kata Fawait kepada Viva Jatim, Kamis 24 Agustus 2023. 

Seperti diketahui, Litbang Kompas merilis survei elektabilitas partai politik. Hasilnya, Gerindra mencapai 18,9 persen. Persentase tersebut merupakan capaian tertinggi sejak 2015. 

Tugas Penting Kandidat Menlu Kabinet Prabowo-Gibran, Jangan Keliru Tunjuk

Survei dilakukan secara periodik melalui wawancara tatap muka pada 27 Juli-7 Agustus 2023. Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error kurang lebih 2,65 % dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. 

Menurut Bendahara DPD Gerindra Jatim ini, kepercayaan masyarakat kepada Prabowo semakin menguat karena kinerja baiknya dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf. Salah satunya dalam mendatangkan alutsista ke dalam negeri. Ia katakan, mendatangkan alutsista tidak cukup hanya dengan modal uang, tapi juga butuh kepiawaian diplomatis, dan itu berada di sosok Prabowo. 

27 PAC Gerindra Dukung Cak Dedi Maju Pilwali Surabaya 2024

"Sehingga berbagai alutsista yang datang ke Indonesia, yang dimiliki Indonesia ini juga karena kepiawaian dari seorang Prabowo Subianto untuk melaksanakan diplomasi dan juga bagaimana bisa menjaga hubungan, wibawa Indonesia di mata internasional," jelas Gus Fawait

Presiden Laskar Shalawat Nusantara (LSN) ini mengatakan, dengan kinerja bagus tersebut maka secara alami menumbuhkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat bahwa Prabowo mampu melanjutkan program-program yang telah dilakukan Presiden Jokowi. Sehingga Partai Gerindra pun mendapat dampak baik karena turut mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title