Angka Harapan Hidup Penderita Kanker Naik, Masyarakat Paliatif Indonesia Malang Dikukuhkan

Masyarakat Paliatif Indonesia Malang Dikukuhkan
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir /Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Masyarakat Paliatif Indonesia wilayah Malang Raya, meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu resmi dikukuhkan.

PWI Tulungagung Hadiri HPN Jatim: Menimba Ilmu Sesama Anggota

Pengukuhan dilakukan seiring meningkatnya angka harapan hidup penderita kanker dan degeneratif hingga penyakit yang mengancam jiwa lainnya seperti HIV/AIDS.

Ketua Masyarakat Paliatif Indonesia Malang Dr dr Ristiawan Mujilaksono Sp.An-TI Subsp.M.N (K) FIPP mengatakan, perawatan paliatif untuk kondisi pasien-pasien yang terminal, pasien end of life, hingga dying di proses fase akhir.

Kader Pimpinan Anak Cabang Gerindra Gresik Solid Dukung dr Alif Cabup di Pilkada 2024

"Nanti sekretariat Masyarakat Paliatif Indonesia di Malang ini akan ada di RSUD Dr Saiful Anwar Malang. RSUD Dr Saiful Anwar sudah memberikan lampu hijau," kata dokter yang akrab disapa Wawan itu.

Dalam peresmian Masyarakat Paliatif Indonesia Cabang Malang, komunitas, care giver, hingga medis dan para medis ikut hadir. Para care giver atau relawan paliatif serta berbagai komunitas itu juga mendapatkan wawasan baru.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Wawan menyampaikan, ada dua pembicara yang ikut hadir dalam pelantikan Masyarakat Paliatif Indonesia Malang.

Pertama, dr H Agus Ali Fauzi PGD PallMed (ECU) selaku ketua Masyarakat Paliatif Indonesia yang turut memberikan edukasi mengenai perawatan paliatif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Lalu, kedua, Dr dr Shinta Oktya Wardhani SpPD KHOM yang memberikan edukasi tentang tata laksana komperehensif nyeri kanker.

Halaman Selanjutnya
img_title