Sapi Kurban Presiden Jokowi Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya, Beratnya 1,15 Ton

Sapi Kurban Presiden Jokowi tiba di Masjid Al Akbar Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jawa Timur kedatangan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo. Sapi seberat 1,15 ton itu tiba sekitar pukul 10.00 WIB pada Rabu, 28 Juni 2023. Didatangkan dari peternak bernama Bahrowi Yahya asal Desa Sumbersuko, Lumajang.

Pj Gubernur Adhy Apresiasi Peluncuran Layanan Imunoterapi Nusantara RS Bhayangkara Surabaya

Sapi kurban Presiden Jokowi datang dengan diangkut menggunakan truk. Petugas sempat kesulitan menurunkan sapinya karena berat. Perlahan sapi berusia 4 tahun itu dapat digiring menuju karpet merah yang telah disiapkan oleh takmir Masjid Al-Akbar.

Kepala Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M. Noor memastikan sapi kurban jenis Limosin ini dalam keadaan sehat. Sapi juga sudah melalui proses vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) ditandai dengan cap pada telinganya.

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

"Sapinya sehat, badannya kekar. Mudah-mudahan berkah," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Rabu, 28 Juni 2023.

Kurban yang dilakukan Presiden Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya bukan kali pertama. Semenjak dilantik sebagai kepala negara, Jokowi rutin menitipkan hewan kurbannya di Masjid Al Akbar Surabaya. Dia selalu membeli sapi di peternak Jawa Timur.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Ini yang ke-9, jadi setiap tahun Presiden Jokowi istiqamah berkurban di Masjid Al Akbar Surabaya," kata dia. "InsyaAllah sapi ini disembelih H+1, pada hari Jumat," imbuh Helmy.

Selain sapi Presiden Jokowi, ada juga sapi Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa. Sapi kurban Khofifah dibeli dari peternak Agus Supriyanto asal Dusun Krajan, Desa Ngelung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Halaman Selanjutnya
img_title