Heboh KDRT Selebgram Meylisa Zaara, Komunitas Gay: Baiknya Jujur sebelum Nikah

Purba, Sekretaris GAYa Nusantara
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Baru-baru ini viral kisah suami ketahuan istri karena memiliki orientasi seksual menyimpang. Seperti yang dialami Selebgram terkenal, Meylisa Zaara.

Belajar dari Penganiayaan Putri Selebgram, Begini Cara Lindungi Anak dari Kekerasan

Meylisa Zaara mengetahui jika suaminya, RK, seorang gay usai keduanya berumah tangga. Tentu kejadian ini menyebabkan pernikahan mereka yang dijalin sejak September 2022 lalu itu terancam kandas.

Menanggapi hal ini, Purba, selaku Sekretaris GAYa NUSANTARA, sebuah komunitas yang memperjuangkan kesetaraan kaum Lesbian Gay Biseksual Transgender Intersex dan Queer (LGBTIQ), meminta agar semua pasangan saling jujur mengenai orientasi seksual sebelum memutuskan menikah.

Menyingkap Fakta-fakta Isu Perceraian Teuku Ryan dan Ria Ricis

"Pada dasarnya kami selalu mendorong teman-teman komunitas yang memutuskan untuk menikah bisa jujur mengenai identitas seksualnya ke pasangan mereka sejak awal hubungan. Kalau tidak jujur, itu berarti kan tidak hanya membohongi pasangan, tapi juga keluarganya dan bahkan anak-anak mereka, jika akhirnya memutuskan untuk punya anak," ujar Purba kepada Viva Jatim, Jumat 14 Juli 2023.

Meski begitu, pihaknya menyadari bila hal itu tidak mudah. Karena stigma masyarakat yang menilai bahwa kaum gay merupakan pendosa, pemicu musibah, penyebar penyakit HIV/AIDS dan lain sebagainya masih melekat.

Tepis Ragam Dugaan, Pengacara Ungkap Alasan Teuku Ryan dan Ria Ricis Pisah Rumah

"Mereka takut dihina, atau bahkan outed. Outed itu adalah tindakan mengungkapkan orientasi seksual atau identitas gender orang LGBTIQ tanpa persetujuan orang tersebut," lanjutnya.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat bisa menerima orang-orang yang terbuka mengenai orientasi seksualnya.

Halaman Selanjutnya
img_title