Buka Pertemuan Menhan se-ASEAN, Prabowo Singgung Krisis Kemanusiaan di Gaza

Menhan Prabowo Subianto membuka pertemuan Menhan se ASEAN
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Ke-17 diselenggarakan di Jakarta, Rabu, 15 November 2023. Pertemuan tersebut dibuka langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Dalam pertemuan itu, Prabowo menyinggung konflik kemanusiaan di Gaza, Palestina. Menhan Prabowo menegaskan sikap pemerintah Indonesia konsisten mendukung kemerdekaan Palestina dan mendesak agar tragedi kemanusiaan di Gaza harus segera dihentikan, serta mendorong jalur aman untuk penyaluran bantuan kemanusiaan. 

"Kami menilai sudah jadi kewajiban moral kami untuk bersikap seperti ini, dan kami mendorong seluruh negara untuk mengambil sikap yang sama untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina yang terusir dari rumahnya sejak lama. Krisis yang terjadi di belahan dunia yang lain itu juga mengingatkan kita betapa pentingnya bagi ASEAN untuk tetap bersatu dan waspada," kata Menhan RI Prabowo di acara pembukaan ADMM Ke-17 di Jakarta, Rabu.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Menurut Prabowo, ADMM memegang peran yang sangat penting dalam mengatasi tantangan keamanan, melalui dialog yang bermakna, pertukaran gagasan, dan menjalin kemitraan dengan prinsip saling percaya, transparansi, dan kolaborasi. 

Pertemuan ini juga dapat menjadi katalisator untuk mencapai hasil yang dapat diimplementasikan," kata Menhan. 

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

Menhan Prabowo berharap semua delegasi agar terlibat dalam diskusi konstruktif, mencari solusi inovatif, dan mengidentifikasi langkah-langkah nyata untuk mengatasi tantangan keamanan di kawasan

"Saya yakin bahwa pemahaman dan komitmen kolektif kita akan membuka jalan menuju komunitas ASEAN yang lebih aman, sejahtera, dan tangguh," tegas Menhan.

Halaman Selanjutnya
img_title