Tahun Politik, Haul Gusdur Ke-14 di Jombang Bertajuk Etika Demokrasi

KH Abdurrahman Wahid, Presiden RI Ke-4
Sumber :
  • Istimewa

Jombang, VIVA Jatim – Presiden RI keempat, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur telah 14 tahun lamanya meninggalkan Indonesia. Setiap tahun, pihak keluarga dan masyarakat terus memperingati Haul tokoh yang dijuluki bapak bangsa ini. 

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Tahun ini merupakan Haul ke-14 dengan mengusung tajuk 'Etika Demokrasi'. Haul iti digelar di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, pada Minggu kemarin, 17 Desember 2023. 

Kegiatan bulan Gus Dur ini diikuti oleh masyarakat Jombang dengan kirab mengelilingi Ponpes Tebuireng sambil membawa karangan bunga dan membentangkan spanduk ucapan terima kasih kepada Gus Dur.

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

Rombongan Inayah Wahid putri Gus Dur yang tepat berada di barisan paling belakang kirab itu langsung menuju makam Gus Dur.

Didampingi pengasuh ponpes Tebuireng, Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Inayah menaburkan bunga di makam Gus Dur dan makam keluarga ponpes Tebuireng lainnya usai membaca doa.

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

Menurut Inayah, puncak haul ke 14 Gus Dur akan diselenggarakan pada Senin, 18 Desember 2023. Dengan mengusung tema Menggali Kepemimpinan Etika Demokrasinya Gus Dur.

"Tema tersebut sangat selaras dengan tahun politik 2024 yang tengah dihadapi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, patut dicatat tentang kehidupan demokrasi setelah berjalan 25 tahun pasca-reformasi," kata Inayah, usai berdoa di makam Gus Dur.

Halaman Selanjutnya
img_title