Kriminolog Ungkap Pentingnya Jaga Pergaulan agar tak Jadi Korban Mutilasi

Proses otopsi korban mutilasi di Jombang
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Seorang Pakar Kriminologi, Otto Yudianto mewanti-wanti kepada masyarakat untuk menjaga pergaulan agar tak jadi korban mutilasi. Sebab, biasanya pelaku mutilasi dengan korban memiliki hubungan cukup dekat.

Mengejutkan, Pelaku Pembunuhan dan Mutilasi di Malang Mengaku Gunakan Ilmu Hitam

Untuk itu Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada. Utamanya dalam bergaul maupun berteman dengan seseorang. Berkawan atau berhubungan dekat dengan seseorang sah-sah saja. Namun kewaspadaan harus selalu ditanam dalam benak setiap orang.

"Salah satunya memang harus waspada, terutama dalam bergaul, berteman dengan siapa saja boleh. Tetapi dekat dengan orang itu kan harus waspada," ungkapnya kepada Viva Jatim, Jumat, 11 Agustus 2023.

Suami yang Tega Mutilasi Istri hingga Jadi 10 Bagian Dikenal Sosok Tempramen

Saat ini, lanjut Otto, susah untuk percaya sepenuhnya terhadap orang lain. Sebab antara yang tampak dengan isi hati seseorang terkadang berbanding terbalik. Untuk itu ia mengimbau untuk selalu menjaga jarak dengan siapapun.

"Sekarang ini susah mau percaya sama orang itu agak susah. Nanti kita percaya maunya itu baik tapi ada sesuatu yang justru merugikan kita sendiri. Makanya kita harus waspada, hati-hati mau nggak mau suka nggak suka kita harus jaga jarak," tegasnya. 

Suami Tega Mutilasi Istri di Malang, Dipotong hingga Jadi 10 Bagian

Menurut Otto, pelaku pembunuhan disertai mutilasi kebanyakan pelakunya orang terdekat korban atau setidaknya antara korban dengan pelaku saling mengenal. Berbeda dengan kasus pembunuhan biasa, yang kadang dilakukan oleh orang asing dalam kehidupan korban.

Seperti kasus pencurian misalnya. Otto bilang, pelaku awalnya tidak mengenal korban. Bisa menusuk korban hingga tewas lalu mengambil barang berharga dan kabur begitu saja. Sedang kasus mutilasi kerap bermotif asmara atau urusan lain yang dilandasi perasaan sakit hati alias dendam kesumat.

Halaman Selanjutnya
img_title