Pastikan Proses Evakuasi Masyarakat Rentan, Pj Gubernur Jatim Gerak Cepat Tinjau Banjir di Bangkalan

Pj Gubernur Jatim Gerak Cepat Tinjau Banjir di Bangkalan
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Bangkalan, VIVA Jatim- Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono gerak cepat meninjau lokasi terdampak banjir di Desa Kauman, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Rabu, 13 Maret 2024. 

Hadiri Rakornas PB 2024, Pj Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Inovasi Teknologi Tanggulangi Bencana

Diketahui, banjir di kawasan Blega Bangkalan ini akibat dampak hujan deras yang terjadi pada Selasa 12 Maret 2024, sehingga mengakibatkan aliran Daerah Aliran Sungai (DAS) Blega meluap. 

Setibanya di lokasi, dengan mengendarai perahu karet, Pj. Gubernur Adhy yang didampingi Pj. Bupati Bangkalan, Kalaksa BPBD Jatim, Kepala Dinas PU SDA Prov Jatim, Kepala Dinas Sosial Prov Jatim dan Kepala Dinas PU Bina Marga, langsung meninjau pemukiman di kawasan tersebut yang masih tergenang banjir selutut orang dewasa. 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Adhy tak segan turun dari perahu dan berjalan menerobos banjir. Bahkan ia turut membagikan nasi bungkus kepada warga sekitar yang sedang membersihkan barang-barangnya di dalam rumah. 

Usai meninjau, Pj. Gubernur Adhy mengatakan bahwa evakuasi masyarakat rentan utamanya lansia telah dilakukan. Ia pun memastikan masyarakat rentan dan terdampak tidak diperkenankan kembali ke rumahnya masing-masing, sampai air benar-benar surut.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Selain melakukan evakuasi kepada masyarakat terdampak banjir terutama masyarakat rentan, Adhy juga menegaskan bahwa DAS Blega akan segera dilakukan normalisasi.

“Kami juga akan segera melakukan normalisasi DAS Blega karena ada kekhususan untuk tipe sungainya. Ada pecahan sungai, lalu menyatu lagi. Nah ini akan segera di normalisasi oleh Dinas PU SDA Prov Jatim,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title