Perhatikan! 5 Anggota Tubuh Anak yang Tidak Boleh Disentuh Kecuali hanya Orang Tua

Ilustrasi Pelecehan Seksual
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA JatimMasa depan anak akan terenggut sebab kekerasan dan pelecehan seksual. Selain itu, juga meninggalkan trauma mendalam yang berkepanjangan. 

Orang Tua Harus Jadi Sosok Ideal, Ini 10 Langkah Mendidik Anak

Kekerasan dan pelecehan seksual pada anak dapat memberikan dampak yang serius baik secara fisik, emosional maupun psikologis. 

Untuk menghindari marabahaya tersebut, para orang tua sudah sepatutnya memberikan edukasi tentang kekerasan dan pelecehan kepada anak. Hal itu merupakan langkah penting untuk mencegah terjadinya pelecehan dan melindungi mereka dari perbuatan tak diinginkan.

Pentingnya Sinergi Orang Tua dan Lembaga Pendidikan dalam Mendidik Anak

Lantas, bagaimana upaya untuk mencegah kekerasan maupun pelecehan seksual pada anak? 

Tentunya para orang tua harus memberikan edukasi pencegahan yang sedini mungkin pada anak. Hal ini sejalan dengan pendapat Prof. Dr. dr. Meita Dhamayanti, Sp.A(K), M.Kes, Anggota Satgas Perlindungan Anak PP IDAI, yang menekankan pentingnya orang tua memberikan pemahaman kepada anak tentang bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain.

5 Tips Mendidik Anak agar Tumbuh Cerdas dan Kreatif, Peran Ortu Penting

"Beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan sekarang ini, orang tua bisa menyampaikan dan mengingatkan pada anak bahwa ada beberapa bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain kecuali orang tua,” tutur Meita Dhamayanti melalui seminar media mengenai ‘Bagaimana Mengajarkan dan Melindungi Anak dari Kekerasan dan Pelecehan Seksual’ pada Kamis, 20 Juni 2024.

Adapun lima bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain secara sembarangan ialah bagian leher, daerah mulut, daerah dada, daerah alat kelamin, dan daerah untuk buang air besar.

Halaman Selanjutnya
img_title